TIM MITRA MENGABDI FEB UB DAMPINGI KABUPATEN BONDOWOSO MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

TIM MITRA MENGABDI FEB UB DAMPINGI KABUPATEN BONDOWOSO MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK,(Foto kegiatanpada Jum’at 16 Agustus 2024 dengan mengambil Program yang bertajuk Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bondowoso.)

indonewsdaily.com, Bondowoso-Tim Mitra Mengabdi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan ini dilaksanakan  pada Jum’at 16 Agustus 2024 dengan mengambil Program yang bertajuk Workshop Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bondowoso.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi sejumlah OPD yang menyampaikan pelayanan dasar bagi masyarakat. Diantara OPD yang mengikuti program ini antara lain Dinas Sosial, RSUD dr. Koesnadi, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja dan lain-lain.

Program peningkatan kualitas pelayanan publik ini terselenggara atas kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bondowoso, yang merupakan unit pengampu peningkatan kualitas pelayanan publik daerah. Tim pengabdian ini diketuai oleh Moh. Erfan Arif, SE., MM. dengan beberapa anggota yaitu Prof. Noermijati, SE., MTM., Yenny Kornitasari, SE., ME., Rizka Fitriasari, SE., Ak., M.Ak., Siti Rahmasari, SIP. dan sejumlah anggota mahasiswa dari FEB UB.

“Workshop berupa pendampingan untuk peningkatan kualitas pelayanan diberikan kepada OPD bertujuan untuk pertama, meningkatkan pemahaman dan kesadaran aparatur mengenai kewajiban dan tanggung jawab memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat sesuai Permenpan RB Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP). Kedua, agar penyampaikan pelayanan dapat terlaksana dengan baik dan masyarakat lebih mudah dalam memperoleh haknya,” ujar Erfan, ketua Tim Pengabdian

Kepala Bagian Organisasi, Sidik Waluyo, S.Sos., MM. mengaku senang dengan kolaborasi yang terjalin ini. “Keterlibatan perguruan tinggi dalam mendukung tersampaikannya pelayanan publik yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah karena kami berharap kualitas pelayanan yang diberikan oleh OPD masuk dalam kategori pelayanan prima,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh peserta yang merupakan perwakilan dari Rumah Sakit Uumm Daerah dr. Koesnadi, Yeni Devitanti. Yeni mengaku,“kami yang bertugas pada unit pelayanan dasar kesehatan sangat membutuhkan kegiatan pendampingan semacam ini agar dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kami berharap sinergi seperti ini dapat terjalin secara berkesinambungan,”ucapnya

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi.

Sedangkan penyampaian materi disampaikan oleh Ketua Tim Mitra Mengabdi kemudian dilanjutkan tanya jawab. Setelah itu, peserta mengisi form isian tentang penilaian kinerja pelayanan publik yang dipandu langsung oleh fasilitator untuk mengetahui skor kualitas pelayanan OPD. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *