Bappedalitbang Kota Mojokerto Miliki Inovasinya MAGIS Permudah Perencanaan Tepat Sasaran

 

Foto : Sosialisasi aplikasi MAGIS di Aula Bappedalitbang Kota Mojokerto.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS) adalah sistem informasi pemetaan berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

Teknologi Sistem Informasi Geografis juga dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Hasil akhir dari proses GIS diwujudkan dalam peta atau grafik. Peta sangatlah efektif untuk menyimpan, memvisualisasikan dan memberikan informasi geografis.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto dengan inovasinya MAGIS (Mojokerto Kota GIS) menggelar sosialisasi yang diikuti Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, Selasa (8 Juni 2021).

MAGIS adalah system informasi yang menyajikan data dan informasi Geospasial yang mendukung proses perencanaan pembangunan. MAGIS memberikan layanan DG/IG berupa peta dasar, peta rencana, peta tematik, dan peta analisis yang ada di wilayah Kota Mojokerto.

Kepala Bappedalitbang Agung Moeljono menyampaikan bahwa aplikasi MAGIS dapat menumbuhkan paradigma perencanaan pembangunan berbasis Geospasial sehingga pengambilan kebijakan lebih tepat karena perencanaan yang tepat sasaran dan berdasarkan data yang akurat.

“Aplikasi MAGIS dapat menumbuhkan paradigma perencanaan pembangunan berbasis Geospasial sehingga pengambilan kebijakan lebih tepat karena perencanaan yang tepat sasaran dan berdasarkan data yang akurat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa data spasial lebih mudah untuk dibaca karena data yang disajikan tidak hanya berupa angka atau grafik saja, tapi data tersebut sudah berupa peta.

“Dengan aplikasi MAGIS ini yang berbasis arcgis online data disajikan dalam bentuk peta dan grafik yang terdapat atribut informasi dan titik lokasi sehingga lokasi data lebih jelas,” tukas Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *