Kegiatan Harganas ke-29, Dinkes P2KB Kota Mojokerto Edukasi Masyarakat Soal Stunting

 

Foto: Kepala Dinkes P2KB Kota Mojokerto dr. Triastutik Sri Prastini, Sp.A. memberikan penghargaan

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Mojokerto menggelar senam bersama dan edukasi bagi masyarakat.

Bertempat di sisi Barat alun-alun Kota Mojokerto, acara yang digelar Jumat (1/7) ini diikuti peserta yang didominasi oleh para muda-mudi Kota Mojokerto. Diantaranya terdapat anggota PIK-R, Duta Genre dan Insan Genre, serta ratusan siswa dari sejumlah SMP di Kota Mojokerto.

“Generasi muda memiliki peran penting dalam mencegah stunting di masa mendatang. Yaitu dengan memiliki kesadaran diri sejak dini terkait persoalan tersebut,” ujar Kepala Dinkes P2KB dr. Triastutik Sri Prastini, Sp.A.

Mengingat belakangan masih banyak dijumpai pernikahan dini di kalangan remaja. Usia mereka belum memenuhi batas minimal yang ditetapkan pemerintah, yakni 19 tahun. Namun, karena sebab-sebab tertentu mereka harus mengambil keputusan tersebut.

Dalam pernikahan dini, salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah kurangnya pengetahuan terkait gizi dan Kesehatan, disertai kondisi ekonomi yang cenderung belum stabil. Hal tersebut lantas sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dalam keluarga muda tersebut.

Selain kepada para pemuda yang hadir, dr. Trias juga berpesan untuk sejumlah ibu-ibu kader Institusi Masyarakat Perkotaan dan tim Tenaga Pendamping Kelurahan agar senantiasa berkomitmen untuk memberikan perhatian dalam isu tersebut.

“Selain itu mohon turut serta memberikan pendampingan kepada calon pengantin, ibu hamil dan ibu paska melahirkan di lingkungan panjenegna masing-masing. Serta, mengedukasi kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya asupan gizi dan pola asuh pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK),” pungkasnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada para pemenang beberapa jenis lomba tingkat Jawa Timur. Antara lain yaitu Juara II Kampung KB, Juara III Kader IMP (Institusi Mayarakat Perkotaan), Juara III KB Lestari, Juara I Ajang Kreasi Video Kesehatan Reproduksi Kawula Muda, serta Duta Genre Inspirator Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *