Nenek Usia 88 Tahun Selamat Dari Kobaran Api

Indonewsdaily.com, Malang Raya – Toko klontong (Toko Damai) yang berada di Jalan Ki Ageng Gribig atau persisnya di depan Polsek Kedungkandang, Kota Malang terbakar pada Minggu (13/6/2021). Beruntung, nenek usia 88 tahun, Marsinah yang sempat terjebak dalam kebakaran di toko miliknya ini dapat diselamatkan.

Salah seorang saksi mata Nico Fredino (30), warga Jalan Mayjend Sungkono tak jauh dari toko kelontong menceritakan kronologi awal kebakaran. Saat itu dia (Nico) hendak membeli rokok di toko Damai langganannya. Saat didepan toko, dia kaget melihat kedalam toko dalam kondisi asap mengepul keluar. “Saya terkejut melihat dalam toko dalam kondisi asap sudah mengempul dan saya lihat ada seorang nenek terjebak kebakaran,” cerita Nico pada awak media, Minggu (12/6) siang.

Ditambahkan Nico, begitu melihat nenek tadi, ia langsung memanggil warga sekitar jika ada kebakaran. Warga pun langsung bahu-membahu memadamkan api dengan air seadanya, termasuk dibantu dari anggota Polsek Kedungkandang. Dia sendiri berinisiatif untuk memecah kaca karena dia melihat ada seorang nenek penjual toko di dalam.

“Langsung saya pecahin lagi dan masuk ke dalam coba nyelametin si Mbah ini. Kondisi saat itu, api sudah tidak besar. Sakit sekali mata saya, tapi saya terobos aja,” imbuhnya.

Selang beberapa menit kemudian 3 unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) berdatangan. Dalam waktu sekitar 5 menit, si jago merah berhasil dipadamkan.

Komandan Regu 1 Damkar Kota Malang, Edi Susianto menuturkan, korban yang terjebak di dalam kebakaran sudah dirawat di tempat oleh Tim Medis dari Satcom RJT Kota Malang.

”Korban yang terjebak di dalam selamat, korban mengalami sesak napas karena terjebak di dalam toko yang saat itu dalam kondisi terkepung asap,” kata dia pada awak media.

Untuk penyebab kebakaran kata Edi, diduga berasal dari korsleting mesin pendingin es krim. Tak disangka, api yang melalap mesin pendingin ikut menyambar tumpukan kardus tak jauh dari mesin chiller ini. ”Ada tumpukan kardus dekat freezer ini, yang membuat api semakin besar,” terangnya.

Hingga berita ini dituliskan belum diketahui pasti nilai kerugian akibat peristiwa ini. Luasan yang terbakar sekira 2×3 meter di bagian depan toko. Sejumlah 2 unit mesin pendingin di dalam toko juga ikut hangus terbakar. (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *