OPD Kota Mojokerto Sambut Positif Inovasi “Simoneva” Bappedalitbang Kota Mojokerto

 

Foto: OPD di Pemkot Mojokerto saat mengikuti Bimtek inovasi Simoneva Bappedalitbang

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerja dari Perangkat Daerah pada khususnya dan Pemerintah Kota Mojokerto pada umumnya, Pemerintah Kota Mojokerto melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kota Mojokerto (Bappedalitbang Kota Mojokerto) terus melakukan inovasi.

Inovasi yang dilakukan yakni dengan melakukan pengembangan terhadap aplikasi SIMONEVA (Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi). Aplikasi SIMONEVA merupakan sebuah aplikasi yang berbasis web yang berfungsi untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap capaian kinerja program dan kegiatan serta penyerapan anggaran yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto.

Aplikasi SIMONEVA ini sebenarnya bukanlah aplikasi yang baru namun sudah ada sejak tahun 2016. Di tahun 2021, aplikasi ini telah dilakukan penyesuaian terhadap Permendagri 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah dan Kepmendagri 050/3078 Tahun 2020 Tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah dalam hal update program, kegiatan, dan sub kegiatan.

Pengembangan aplikasi SIMONEVA tersebut menjadi sangat penting karena output yang dihasilkan dari aplikasi SIMONEVA dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan berikutnya.

Inovasi pada aplikasi SIMONEVA yakni penambahan fitur verifikasi berjenjang di masing-masing Perangkat Daerah sampai dengan verifikasi akhir di Bappedalitbang. Verifikasi berjenjang ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dari pejabat struktural terkait dengan realisasi anggaran maupun kinerjanya.

Pada aplikasi SIMONEVA telah dilakukan penyesuaian dalam proses verifikasi, dimana user dalam Aplikasi SIMONEVA tahun 2021 dibuat secara hierarkis sesuai dengan jabatannya untuk semua Perangkat Daerah di Pemerintah Kota Mojokerto.

Guna memberikan pemahaman terhadap pengembangan aplikasi SIMONEVA kepada Perangkat Daerah, Bappedalitbang melakukan bimbingan teknis (bimtek) aplikasi SIMONEVA tahun 2021.

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 24-25 Maret 2021 terbagi dalam 2 sesi. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasubbag Perencanaan dan Keuangan/Penyusunan Program beserta operator SIMONEVA.

Tanggapan positif banyak disampaikan oleh Perangkat Daerah terhadap pengembangan inovasi yang dilakukan Bappedalitbang pada aplikasi SIMONEVA ini.

“Aplikasi SIMONEVA mudah dipahami baik secara alur maupun cara penginputan,” ujar Amrina Zul Fajar dari DPMPTSP Naker.

Selain itu, Muhlis Januar Malik dari BPKPD menyampaikan bahwa sejauh ini aplikasi sangat membantu OPD dalam melakukan monev di internal OPD karena dengan adanya verifikasi berjenjang.

“Secara tanggung jawab kesesuaian inputan bukan hanya pada operator saja, tapi juga pada pejabat pengawas,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *