Fasum Kolam Retensi Dikerjakan DPUPR Perkim, Bakal Manjakan Warga Kota Mojokerto

 

Foto: Fasum kolam retensi sudah dikerjakan

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Warga Kota Mojokerto akan bisa menikmati destinasi wisata baru yakni kolam retensi yang berada di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. Kolam retensi itu akan disempurnakan dengan penambahan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung.

Kini Pemerintah kota Mojokerto melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPR PRKP) telah mengerjakan tahap dua kolam yang tahap awal dibangun pada tahun 2023 lalu.

“Tahun ini telah dikerjakan pembangunan fasilitas umum untuk mempercantik kolam retensi. Sebagai fungsi kolam retensi bisa juga jujugan tempat objek wisata,” jelas Kepala DPUPR Perkim Kota Mojokerto, Muraji.

Foto: Kepala DPUPR Perkim, Muraji

Perlu diketahui, kolam yang berfungsi untuk menampung air hujan sementara waktu dengan memberikan kesempatan untuk dapat meresap ke dalam tanah yang operasionalnya dapat dikombinasikan dengan pompa atau pintu air

“Jadi, tujuan utamanya untuk penanganan banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kolam retensi berfungsi sebagai kolam penampung air hujan, juga bisa dijadikan tempat irigasi persawahan yang ada di sekitar kolam. “Kolam retensi ini kan berada di area persawahan, sehingga sekaligus juga berfungsi untuk irigasi,” tambahnya.

Untuk diketahui pembangunan kolam retensi ini bersumber dari APBD Kota Mojokerto di tahun 2023 dengan nilai kontrak sebesar Rp 5,120 miliar. Dan Pembangunan dilakukan oleh CV Zaim Diwan Putra.

Kini, di tahun 2024 ini Pemkot Mojokerto kembali membangun fasilitas umum di kolam retensi berupa pujasera dan tempat parkir yang dianggarkan dengan nilai kontrak Rp 4.457 miliar. Yang dikerjakan oleh CV Tiga Bersaudara. Tanggal kontrak 29 Mei 2024 dengan waktu pelaksanaan selama 150 hari kalender dan pelaksanaanya CV Tiga Saudara.

“Pembangunan fasilitas umum di kolam retensi ini untuk menambah fungsi kolam retensi sebagai tempat wisata. Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman dengan suasana kolam retensi, bukan hanya itu saja disediakan pula tempat parkir”, jelasnya.

Saat ini pembangunan fasilitas umum di kolam retensi sedang dalam pengerjaan dan sejauh ini masih on progress. “Diharapkan pembangunan fasilitas umum di kolam retensi selesai tepat waktu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *