Belfast, Kehidupan Sebuah Keluarga di Mata Bocah Berusia 9 Tahun

Sumber foto : ORGANIC PR

Indonewsdaily.com – Film Belfast bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga Protestan Irlandia Utara yang bertempat tinggal di Belfast, Irlandia Utara, pada dekade ’60-an. Berikut adalah sinopsis film Belfast.

Kendati menceritakan perjalanan dari sebuah keluarga, kisah dalam film ini diambil dari sudut pandang seorang bocah berusia sembilan tahun di keluarga tersebut yang memiliki nama Buddy.

Sebagai sebuah keluarga dari kelas pekerja, ayah Buddy yang bernama Pa harus merantau ke Inggris untuk dapat menghidupi mereka. Sementara di Belfast, tinggal tersisa keluarga mereka, yaitu sang ibu bernama Ma, kakak bernama Will, serta kakek-nenek yang masing-masing bernama Pops dan Granny.

Pada 15 Agustus 1969, dikisahkan sebuah kelompok dari masyarakat Protestan melakukan kerusuhan di jalanan rumah Buddy serra mengintimidasi para pemeluk Katolik.

Masyarakat sekitar lantas membuat barikade untuk mencegah mereka kembali. Mendengar terdapat kerusuhan di dekat rumah dan keluarganya, Pa pun kembali ke Belfast dari Inggris.

Pada suatu hari, keluarga Buddy datang menuju sebuah gereja dan ada pendeta yang ketika itu memberikan khotbah dengan cukup keras. Khotbah tersebut berisikan ajakan serta pesan bahwasanya pada saat sebuah pilihan sudah diambil, maka pantang untuk mundur kembali.

Pandangan dan khotbah dari pendeta tersebut yang kemudian tertanam di dalam benak Buddy dan ditampilkan sepanjang sisa film Belfast berjalan.

Film Belfast juga menampilkan naik-turun perjalanan Buddy yang cukup menantang bagi usianya yang masih sembilan tahun.

Dalam film ini juga, Buddy ditampilkan berjuang dalam menghadapi pilihan-pilihan yang ia ambil dan konsekuensinya yang terkadang tidak mampu ia kira sebelumnya.

Film Belfast ditulis dan diarahkan oleh Kenneth Branagh. Ia juga sempat menggarap film Artemis Fowl (2020), Murder on the Orient Express (2017), Cinderella (2015), Thor (2011), hingga The Magic Flute (20006).

Selain Jude Hill, film ini juga akan dimainkan oleh CaitrĂ­ona Balfe, Judi Dench, Jamie Dornan, CiarĂ¡n Hinds, dan juga Colin Morgan.

Belfast yang bergenre komedi-drama ini disebut Branagh menjadi filmnya yang paling personal, mengingat bahwa ia memakai sudut pandang seorang bocah sembilan tahun di sepanjang film.

Belfast tayang perdana di Telluride Film Festival pada September 2021 serta Toronto International Film Festival 2021. Di TIFF 2021, film ini sukses membawa pulang penghargaan People’s Choice Award.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *