Bersiap Meramaikan Pameran Tabon dan Pasar Jembar

Pameran Tabon dan Pasar Jembar yang akan di gelar pada 22 April sampai 5 Mei 2024, di Jogja National Museum, Kota Yogyakarta.

Indonewsdaily.com, Yogyakarta – Jogja Art Planet (JAP) akan menggelar pasar jembar, sebagai bagian perhelatan pameran seni rupa bertajuk “Tabon” oleh tiga perupa yaitu Samuel Indratma, Alit Ambara, dan Faisal Kamandobat, yang akan digelar mulai tanggal 22 April sampai 5 Mei 2024, di Jogja National Museum, Kota Yogyakarta.

Tema besar yang diangkat melalui kata “Tabon” syarat akan makna dan bersumber dari bahasa sansekerta yang berarti rumah atau kebun warisan leluruh, sebagai tempat muasal, berpulang, dan berkumpul. Dengan demikian tabon menjadi titik mula sebaguah masyarakat tercipta melalui perkembangan pohon kekerabatan yang terus meluas, baik melalui perkawinan, keturunan, hingga membentuk sebuah kelompok sosial, sampai sebuah bangsa.

Dalam konteks seni, Tabon merupakan konsep untuk mengetahui posisi dan makna seni dalam kosmologi suatu masyarakat, sebagai wahana untuk merancang, merenungkan, dan mempersembahkan berbagai perkembangan di kemudian hari, baik berkaitan dengan rekayasa konseptual, material, dan presentasi sosialnya, sehingga mampu melihat lintasan perkembangan seni sebagai bagian dari perkembangan masyarakat serta berbagai pandangan hidup yang menyertainya.

Pameran Tabon akan mengisi tiga lantai di gedung utama Jogja Nasional Museum. Samuel Indratma, Alit Ambara, dan Faisal Kamandobat akan berbagi lantai pamer untuk memajang karya seninnya, sehingga setiap pengunjung mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengakses semua lantai.

Sementara pasar jembar akan menggunakan area plaza Jogja Nasional Museum yang beradaq di Gedung Pameran. Di Pasar jembar ini akan ada sekitar 50 tenant yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner, barang, dan jasa yang berasal dari berbagai komunitas dan pelaku UMKM.

Pameran Tabon dan Pasar Jembar

Jadi kapan lagi bisa menyaksikan pameran dari para perupa yang sudah tidak diragukan lagi hasil karya-karyanya, sekaligus bisa menikmati sajian berbagai kuliner nusantara. Langsung agendakan untuk datang dan meramaikan acara Pameran Tabon dan Pasar Jembar pada 22 April sampai 5 Mei 2024, di Jogja National Museum, Kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *