Bulan Bung Karno, Banteng Kota Probolinggo Gelar Festival Kuliner

Indonewsdaily.com, Probolinggo – Aneka masakan lokal yang berada di Kota Probolinggo, dipamerkan para Srikandi Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK). Momentum pada Bulan Bung Karno itu, sebagai penguatan potensi kuliner untuk peningkatan ekonomi.

Festival kuliner digelar di kantor DPC Kota Probolinggo, Jalan Brantas Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan. Setiap PAC, menyertakan berbagai kuliner khas yang menjadi favorit.

Kepala BPEK DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo, Dwiana Yulidiana mengatakan festival kuliner diikuti oleh setiap PAC, yakni Kademangan, Kanigaran, Mayangan, Kedopok dan Wonoasih.

“Masing-masing membawa kuliner khas yang akan ditunjukkan. Harapannya masakan tersebut, nantinya bisa menjadi kuliner favorit di Kota Probolinggo,” jelas Sabtu, (18/06/2022) pagi.

Beberapa masakan itu antara lain, PAC Kanigaran Botok Simbukan, Kecamatan Kedopok Pecel Daun Turi , PAC Kademangan Gulai Ontong , PAC Wonoasih Nyemok Daun Singkong sementara PAC Mayangan Tahu Formasi, Daun Singkong, Getuk Telo dan Singkong.

Yang menarik, salah satunya gulai ontong pada pohon pisang. Dwiyana menambahkan, gulai tersebut memiliki rasa yang khas yang tak kalah nikmat dengan sayur umumnya.

“Alhamdulillah festival kuliner ini mendapat apresiasi dari para pengurus. Tentunya ini memotivasi kita BPEK khususnya, untuk terus melakukan inovasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo, Haris Nasution yang juga hadir menilai, upaya BPEK perlu diapresiasi. Sebab, promosi kuliner merupakan bagian dari penguatan ekonomi.

“Tentunya ini harus diapresiasi, lewat festival kuliner ini bisa mengangkat potensi ekonomi dari sisi kuliner. Sehingga, ini harus dikembangkan agar menjadi potensi ekonomi yang bisa berdampak pada masyarakat,” jelas Nasution, sapaan akrabnya.

Acara festival kuliner sendiri, ditutup dengan makan bersama yang diikuti oleh semua pengurus. Festival kuliner ini sendiri, bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno yang akan terus berjalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *