Dari Menurunkan Berat Badan Sampai Perkuat Stamina, ini 5 Manfaat Buat Bit

Buah bit.

Indonewsdaily.com – Buah bit nampaknya masih asing dan belum begitu populer terdengar di kalangan masyarakat luas. Namun dibalik namanya yang kurang dikenal itu terdapat khasiat yang luar biasa di dalamnya. Mulai dari daun, buah, sampai akarnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, sayuran sampai obat.

Buah yang memiliki nama latin Beta Vulgaris berasal dari keluarga Amaranthaceae berasal dari Negara Amerika Utara dan Inggris. Pada zaman Napoleon Bonaparte buah ini dikenal sebagai penghasil gula. Tinggi tanaman ini kurang lebih satu meter sampai tiga meter.

Buah bit dikenal di Amerika Serikat sebagai obat penyakit-penyakit tertentu. Penghancur sel tumor merupakan salah satu manfaat dari kandungan zat-zat dalam buah bit. Buah bit mengandung karbohidrat yang berbentuk gula dengan sedikit kandungan lemak dan protein. Dimana karbohidrat yang mudah menjadi energi dan zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak.

Buah Bit merupakan sumber yang kaya antioksidan dan nutrisi, termasuk magnesium, natrium, kalium dan vitamin C, dan betaine. Buah Bit bekerja dengan merangsang sistem peredaran darah dan membantu membangun sel darah merah karena kandunga asam folat dan B12 dalam buah bit adalah kunci penting dalam metabolisme seluler dan dibutuhkan dalam perkembangan normal eritrosit.

Buah Bit juga membersihkan dan memperkuat darah sehingga darah dapat membawa zat gizi ke seluruh tubuh sehingga jumlah sel darah merah tidak akan berkurang. Bit sudah sangat dikenal di Eropa Timur sehingga digunakan untuk pengobatan anemia. Berikut adalah berbagai manfaat buah bit untuk kesehatan.

  1. Menurunkan berat badan

Memiliki tubuh ideal adalah impian bagi setiap orang. Salah satu prasyarat agar berat badan mampu turun adalah dengan memperlancar detoksifikasi, khususnya lemak dalam tubuh. Hal ini yang dipercaya dapat diperoleh dari buah bit karena mengandung vitamin C cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat mencegah berbagai macam penyakit. Antioksidan buah bit yang masuk dalam tubuh manusia juga mampu membersihkan darah dan membuang deposit lemak yang berlebih sehingga mampu menjadi salah satu metode dalam menurunkan berat badan.

  1. Pengobatan alternatif dan Pencegahan Anemia

Anemia bisa diakibatkan oleh kehilangan darah, penurunan produksi sel darah merah, peningkatan destruksi sel darah merah, atau kombinasi ketiga penyebab ini. Alternatif pengobatan anemia dan pencegahan bisa dilakukan dengan mengonsumi buah bit. Bit mengandung vitamin, mineral, asam amino, kalori, antioksidan, anti karsinogenik, silica, juga mengandung pigmen betain yang dikenal dengan trimetil glisin, glisin betain, lisin, dan oksineurin yang berfungsi sebagai pendonor metil dan meningkatkan metionin serum, kadar transmetilasi, remetilasi homosistein dan oksidasi metionin. Dari berbagai macam komposisi itu pada akhirnya buah bit dapat diberikan sebagai alternatif pengobatan anemia dan sebagai terapi pencegahan anemia.

  1. Meningkatkan kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil

Buah bit merupakan salah satu sumber makanan alternatif non farmakologi mengandung zat besi yang dapat dimanfaatkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan kadar haemoglobin. Bit secara signifikan mengandung vitamin A, C, kalsium, zat besi, fosfor, potassium, protein, karbohidrat, tinggi folat, serat makanan, antioksidan, dan tinggi betaine, sehingga mampu meningkatan kadar haemoglobin (Hb) ibu hamil untuk mencegah keguguran, partus prematus, inersia uteri, partus lama, atonia uteri, perdarahan, dan syok.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah ataupun organ jantung. Ditambah lagi, tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit serangan jantung, stroke, dan kematian dini. Untuk itu, cara mencegah penyakit ini bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan nitrat anorganik agar tekanan darah di dalam tubuh menjadi stabil. Salah satu tanaman yang memiliki kandungan nitrat anorganik adalah buat bit. Menurut studi, buah bit atau jus bit dapat mengurangi tekanan darah hingga 3-10 mm Hg selama beberapa jam loh.

  1. Meningkatkan Stamina

Manfaat buah bit selanjutnya adalah meningkatkan stamina. Buah bit dapat membantu hati dan paru-paru bekerja dengan baik selama berolahraga. Kandungan oksida nitrat dari buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Bahkan, buah bit ini dipercaya dapat meningkatkan stamina untuk berhubungan intim, sehingga mampu menjaga keharmonisan rumah tangga. Jadi Tak perlu jamu kuat, buah bit dapat membuat hubungan seks lebih tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *