DPUPRPKP Kota Malang Perbaiki Jalan Rusak dan Berlubang: Mudik Aman dan Nyaman

(Foto istimewa) proses perbaikan jalan di beberapa lokasi strategis di kota Malang.

 

indonewsdaily.com, Malang- menjelang mudik lebaran tahun ini DPUPRPKP melakukan perbaikan jalan rusak di titik tertentu, hal ini Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan dimana pengguna jalan akan meningkat trafficnya.

Dalam antisipasi lonjakan arus mudik lebaran, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang kembali melakukan pengerjaan perbaikan jalan di beberapa lokasi.antara lain di jl. Ki Ageng Gribig Kedungkandang,kota Malang, pada Jum’at (29/03/2024).

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Drs. R. Dandung Julhardjanto, M.T, saat dihubungi melalui panggilan WhatsApp, Minggu (31/0/2024), menyampaikan bahwa kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat kota Malang.

“Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kota Malang. Dimana setiap masukan akan senantiasa kami perhatikan,” jelasnya

Para pengguna jalan yang sering melintasi jalan tersebut pun merasa lega. Pasalnya, beberapa saat yang lalu jalan Ki Ageng Gribig berlubang dan rusak parah, tepatnya disepanjang depan SDN 01 Kedungkandang.

Hadi salah satu pengguna jalan yang ditemui awak media mengatakan bersyukur bahwa jalan yang sering dilalui tersebut sudah diperbaiki. Hadi menambahkan dirinya berterimakasih kepada DPUPRPKP kota Malang, yang telah merespon keluhan warga.

Dari data yang diperoleh, jalan tersebut sudah berkali-kali diperbaiki. Namun sering kembali rusak, menurut Dandung hal tersebut dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi.

“Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai berat tonase kendaraan yang melintas dan air hujan yang menggenangi jalan raya,” jelasnya

Dalam penanganan jalan rusak dan berlubang tersebut, DPUPRPKP masih menggunakan anggaran insidentil yang disesuaikan dengan kebutuhan anggaran masing-masing disetiap titik perbaikan.

“Untuk penanganan jalan rusak kita pakai anggaran insidentil, karena masuk anggaran insidentil, jadi kita sesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing lokasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dandung juga menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan di tahun 2025 akan memperbaiki dan membangun gorong-gorong untuk menampung aliran air hujan agar tidak menggenangi jalan raya.

“Rencananya akan kami samakan dengan yang di utara, hanya saja untuk saat ini ketersediaan anggaran belum ada. Mudah-mudahan nanti di 2025 ada ketersediaan anggaran, akan kita overlay sama kita buatkan gorong-gorong di kanan-kirinya seperti itu, nantinya air akan menuju ke sungai Rolak,” terangnya.

Sementara itu, dalam menghadapi arus mudik lebaran yang diprediksi volume pengguna jalan meningkat, DPUPRPKP kota Malang terus melakukan perbaikan jalan rusak dan berlubang dibeberapa titik, diantaranya di Kedungkandang, Sukun dan Bandulan.

“Tiap hari tiga titik, tadi malam sudah dijalan Bandulan, jadi nanti sampai menjelang lebaran itu jalan-jalan berlubang itu kita tangani semua. Jadi kami berupaya agar masyarakat itu nyaman di kota Malang. Jadi seperti itu,” tegasnya

Ketika disinggung terkait apakah perbaikan tersebut hanya program HUT kota Malang dan momen menjelang lebaran, Dandung menjelaskan bahwa perbaikan jalan-jalan berlubang tersebut merupakan program rutin. Meskipun demikian, Dandung juga tak menampik bahwa perbaikan jalan tersebut juga untuk memberikan rasa nyaman pengguna jalan yang akan mudik ke kota Malang.

“Sebetulnya ini program rutin pas kebetulan HUT kota Malang dan menjelang lebaran. Kalau lebaran itu kan masyarakat banyak yang mudik, banyak masyarakat kota Malang yang diluar daerah banyak yang kembali ke kota Malang. Jadi kita upayakan memberikan pelayanan insfratruktur lebih baik,” pungkasnya.(windu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *