Emban Misi Perubahan, 17 Orang Tim Fasilitator DMPG Dampingi 26 Desa di Kalbar

Indonewsdaily.com, Pontianak – Bimbingan Tehnis (Bimtek) Tenaga Fasilitator Desa Mandiri Peduli Gambut (DMPG) Tahun 2022 brakhir pada kamis, (3/3/2021).

Bimtek Online yang digelar sejak selasa, (1/3) lalu, di ikuti oleh 70 Orang Tenaga Fasilitator DMPG di 7 provinsi wilayah kerja Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM).

Muhammad Yusuf, Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Kedeputian Bidang Sosialisasi, Edukasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM mengatakan pelaksanaan program DMPG tahun 2022 ini berbeda dengan sebelumnya, ia berkata pendampingan berbasis kesatuan hidrologi gambut dan kawasan perdesaan menjadi fokus DMPG tahun 2022 ini.

“Implemntasi kegiatan restorasi gambut dan mangrove dilintas kedeputian akan saling terintegrasi pada tahun ini, skema pendampingan di lokasi DMPG akan lebih fokus kepada satu kesatuan hidrologi gambut atau pembangunan kawasan perdesaan berbasis restorasi gambut,” katanya.

Ia menambahkan, dalam pelaksaan DMPG tahun ini, dari 70 orang fasilitator di 7 provinsi akan dipilih untuk mendampingi lebih dari satu desa.

“Karena prubahan skema tersebut, maka dari 70 orang fasilitator DMPG di 7 provinsi tahun ini, akan dipilih untuk memfasilitasi lebih dari satu desa,” ujarnya saat menutup kegiatan Bimtek tenaga tehnis Fasilitator DMPG tahun 2022 pada kamis, (3/3/2021).

Selerasan dengan itu, Hermawansyah koordinator tim DMPG Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengatakan, ada 26 desa di Kalbar yang dipilih menjadi lokasi kegiatan DMPG tahun 2022. 26 desa tersebut terdiri dari 8 desa baru dan 18 desa lama.

“Tahun ini ada 26 Desa yang dipilih sebagai lokasi kegiatan DMPG di Kalbar dari 26 desa yang tersebar di Kab Kubu Raya, Mempawah, Sambas dan Kayong Utara tersebut, 8 Desa baru dan 18 Desa lama yang akan diperkuat kembali.” ujarnya.

Ia menjelaskan 26 desa tersebut akan di dampingi oleh 17 orang tenaga fasilitator DMPG Kalbar tahun 2022.

“Tim Squad Fasdes yang diturunkan untuk menjalankan agenda restorasi gambut di 26 desa DMPG Kalbar berjumlah 17 orang, dari 17 orang yang sebagian besar adalah Fasdes yang sudah memiliki pengalaman di kegiatan DMPG tahum lalu, maka akan dipilih Fasdes yang nantinya mendampingi lebih dari satu desa.” Jelasnya.

pasca pelaksanaan bimtek tersebut, 17 orang tenaga tehnik Fasilitator DMPG 2022 ini, akan menajalni tugas pendampingan dilapangan.

Wawan sapaan akrab koordinator DMPG Kalbar berharap 17 orang Fasilitator tersebut mampu menjalani tugas dengan baik di desa dampingannya.

“Tentu dinamika dan tantangan lapangan setiap Desa beragam. Disini kawan-kawan Fasilitator Desa ditantang untuk menempa diri bagaimana berinteraksi dengan stakeholders dan mampu mentransformasikan pengetahuan untuk perubahan demi misi kemanusian dan lingkungan yg lebih baik”. tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *