Inovasi Disporapar Terapkan Aplikasi “SATHER” untuk Pengiriman Atlet Pada Kejuaraan

 

 

Foto: Kepala Disporapar, Novi Rahardjo saat menyampaikan inovasi aplikasi “SATHER”

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Sebagai respon atas proses administrasi panjang dalam seleksi Atlet yang akan dikutsertakan pada kejuaraan, Disporapar Kota Mojokerto melahirkan Inovasi “SATHER” (Smart Athlete Rank) dengan menggunakan metode analisis untuk mendukung pengambilan keputusan yang direalisasikan berbasis website. Melalui “SATHER” data yang di input adalah data Atlet binaan club, binaan Cabang Olahraga umum dan pelajar.

Aplikasi SATHER ini melibatkan beberapa pihak dari KONI Kota Mojokerto, Guru Olahraga baik SD, SMP, SMA se Kota Mojokerto, Tim Inovasi SATHER.

Kepala Dinasporapar Kota Mojokerto Novi Rahardjo menyampaikan tujuan dari inovasi adalah membuat inventarisasi database Atlet semua Cabang Olahraga yang dihadiri oleh Cabang Pengurus Cabang Olahraga, Kominfo dan Guru Olahraga.

“Memberikan transparansi dan Akuntabilitas dalam seleksi Atlet, memberikan Informasi terkait ranking Atlet Berprestasi untuk setiap Cabang Olahraga, dan Optimalisasi Anggaran pengiriman Atlet untuk mengikuti Kejuaraan,” katanya, Kamis (28/7/2022).

Lebih lanjut Novi mengatakan pada kesempatan kali ini Aplikasi “SATHER” akan digunakan sebagai acuan dalam pengiriman Atlet POPDA pada bulan November 2022 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut, kegiatan ditahun sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021,” imbuhnya

Novi berharap semua yang hadir mendukung penggunaan Aplikasi “SATHER”.

“Dengan SOP yang telah ditentukan Disporapar sebagai OPD pengampu dimana SOP nya adalah pengumpulan data Atlet binaan Cabang Olahraga meliputi : surat rekomendasi dari Ketua Cabang Olahraga, dilampiri kelengkapan KTP/KK, Akte dan surat keterangan mengikuti Kejuaraan serta Piagam Prestasi kemudian di input data oleh admin Aplikasi pada Disporapar,” terangnya.

“Aplikasi ini sangat mudah di akses, Grafik dari perangkingan ini bisa dilihat secara langsung melalui Website http://disporapar.mojokertokota.go.id Untuk informasi pelayanan publik yang dimiliki dalam Bidang Olahraga pada ruang lingkup Pemerintah Kota Mojokerto,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *