Kisah Ajat Kuli Bangunan yang Dipecat Karena Tak Memakai Masker

Nasional255 Views

Indonewsdaily.com, Cirebon- Viral di media sosial sebuah video yanh beredar menjadi perbincangan netizen. Dalam video berdurasi 25 detik tersebut, terlihat salah seorang sekuriti mengatakan telah mengeluarkan kuli lantaran tak memakai masker.

“Ini pekerja proyek yang ketahuan tidak memakai masker. Kami dari tim sekuriti langsung ambil tindakan dan dikeluarkan dari proyek,” kata salah seorang sekuriti dalam video yang tengah viral itu.

Kuli yang dikeluarkan itu yakni Sudrajat (24), kuli proyek asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dikeluarkan dari kerjaannya lantaran tak mengenakan masker secara benar. Pemberhentian Sudrajat itu dilakukan seorang sekuriti di kawasan perumahan di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Usai kejadian tersebut, Sudrajat langsung balik ke kampungnya, Desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dia mengaku tidak ada niatan untuk melanggar prokes Covid-19. Karena, kata dia, selama bekerja selalu menggunakan masker demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Ia tahu (ketat prokes). Tidak ada niat langgar prokes. Saya hanya mau minum es,” kata Ajat, Selasa (13/7/2021).

Ajat mengatakan kejadian sekuriti yang menegur dan mengeluarkannya dari lingkungan proyek itu terjadi pada Kamis (8/7/2021). “Ya langsung pulang. Kejadiannya siang, saya pulang ke kampung sama teman. Hari Jumat pagi sampai sini (Cirebon),” kata Ajat sapaan Sudrajat.

Sebelumnya, Mandor proyek tempat Ajat bekerja, Supardi menceritakan kronologi dikeluarkannya Ajat di perumahan tersebut. “Awalnya masker Ajat itu melorot saat keluar dari lingkungan proyek. Ada yang melapor dan memotret. Kemudian ditindak sama sekuriti,” kata Supardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *