Malang Plaza Ludes Dilahap Si Jago Merah

Situasi saat si jago merah melahap Mall Malang Plaza.

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Pusat perbelanjaan Legendaris di kota Malang yakni Malang Plaza yang beralamatkan di Jalan Agus Salim, Kota Malang, terbakar pada Selasa (2/5/2023). sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Hal tersebut sempat ramai di beberapa group whastApp serta beberapa media sosial.

Dalam video yang dibagikan di group whatsApp MCC, terlihat api membesar dari bagian dalam bangunan. Hampir seluruh bangunan itu tertutup api.

Nampak Petugas Damkar dan BPBD Kota Malang telah dikerahkan ke lokasi kebakaran. Pemadaman dilakukan sejak pertama kali informasi didapat.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun awak media bahwa api menghanguskan 3 lantai yakni lantai 1, 2,dan 3 habis terbakar.

Seperti yang diungkapkan salah satu pemilik stand di Malang Plaza (M) yang juga menjadi korban dagangannya ikut terbakar ia mengatakan bahwa tiga lantai habis terbakar.

“Ludes mas habis terbakar semua tidak bisa tertolong karena api cepat sekali menjalar hingga kondisi terkini pascakebakaran di pertokoan Malang Plaza, Selasa (2/5/23) sekitar pukul 5.30 WIB. Petugas Pemkot Malang dan jajaran terkait masih melakukan proses pendinginan demi penuntasan pemadaman api di lokasi kejadian, padahal saya mau aktif buka lagi mas kan habis libur lebaran sengaja kita buka kemungkinan hari ini tapi keburu kebakaran,” ungkapnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Begitu juga dengan jumlah kerugian dari peristiwa itu.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang, Prayitno hingga kini belum ada respons serta penyataan terkait kebakaran di Malang Plaza ini.

Kebakaran hebat yang terjadi di Mall Malang Plaza di Jalan Agus Salim Kota Malang Jawa Timur, pada Selasa (2/5/2023) dini hari sebabkan 3 orang petugas pemadam kebakaran (PMK) dan 1 relawan dilarikan ke Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Empat petugas tersebut dilarikan ke RS setelah mengalami sesak nafas ketika menghirup asap dan terjebak kobaran api yang terus menjalar di bangunan Mall Malang Plaza

Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau lokasi mengatakan kebakaran ini dinilai parah.

“Kebakaran Malang Plaza ini cukup Parah,  demikian informasi yang saya peroleh, Sementara data yang ada 24 toko yang terbakar , Dugaan Api berasal dari lantai 2 tetapi nanti kita identifikasi lagi,” jelas Sutiaji saat meninjau lokasi.

Ia menjelaskan untuk memadamkan api dikerahkan ada 13 mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Malang, Pemkab Malang, dan Pemkot Batu dikerahkan, Namun si jago merah masih belum juga bisa dipadamkan.

“Kita terus berupaya untuk memadamkan api sudah 12 sampai 13 mobil pemadam kebakaran yang terus berusaha memadamkan api,” lanjutnya.

Lebih lanjut Sutiaji menambahkan jika ada satu kendaraan pemadam kebakaran terjebak di area lokasi kebakaran dan ada sejumlah petugas yang mengalami sesak nafas dan harus dilarikan ke rumah sakit.

“Ada 4 petugas, 3 orang petugas PMK dan 1 orang relawan yang sesak nafas dan dilarikan ke rumah sakit, tetapi semuanya sudah terkondisikan dan membaik,” pungkas Sutiaji. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *