Manfaat Bersepeda Tak Hanya Sehat Fisik dan Mental Juga Dapat Bantu UMKM

 

 

 

Foto: Bersepeda merupakan pilihan olahraga yang menyenangkan.

 

Indonewsdaily.com, Tips — Tren bersepeda di masyarakat masih menjadi hoby tersendiri. Sempat booming saat pandemi covid lalu, bersepeda merupakan pilihan olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Bersepeda secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di “Journal of the American Heart Association” menyatakan bahwa aktivitas bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif bersepeda.

Bahkan lebih dari itu bagi Relawan Gowes Club (RGC) komunitas sepeda yang berasal dari Gresik bersepeda memiliki manfaat lain yaitu mendukung perekonomian lokal dengan cara menyambangi pelaku UMKM yang ada. Dalam beberapa kesempatan, RGC gowes sambil menikmati kuliner maupun tempat wisata yang ada di sekitar Gresik.

“Manfaat bersepeda selain kesehatan juga sebagai sarana interaksi dengan anggota, masyarakat dan tentunya menikmati keindahan dan kesejukan udara pagi,” kata Wahyu pegiat pesepeda di RGC.

Menurutnya di RGC anggota selalu memberikan masukan ide rute yang akan ditempuh, baik rute pendek, sedang atau jauh. Tentunya, dalam rute itu disisipi tempat kuliner UMKM.

“Dengan bersepeda kesehatan mental juga terjaga, lebih fress dan ide-ide terus muncul,” katanya.

Wahyu menambahkan, selain itu manfaat lain dari bersepeda ternyata dapat menurunkan berat badan, kesehatan lebih terjaga dan terkontrol.

Pendapat lain mengenai manfaat bersepeda dari para anggota komunitas ini adalah dari Muji, yang mengatakan bahwa dari bersepeda ia mendapatkan banyak hal selain kesehatan juga sosial.

“Kalau personal yang saya rasain adalah sosialnya, ternyata teman-temannya guyub selalu bersama-sama saling support dan jadikan sepeda itu sebagai wadah yang bukan hanya bersenang-senang juga olahraga sambil jalan-jalan,” tuturnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *