Pembangunan JLS Malang ke Blitar Dituntaskan Tahun Depan

Salah satu sudut peningkatan jalan daerah (wajak) Kabupaten Malang yang sudah selesai di kerjakan di perkirakan akses jalan selesai tahun depan guna pelayanan kepada masyarakat .

Indonewsdaily.com, Malang – Pengerjaan peningkatan jalan dari arah Malang menuju Blitar di kebut, dan di perkirakan tahun depan untuk segera bisa di gunakan.

Hal tersebut di katakan Kadis PUBM Khairul Isnaini Kusuma yang mengatakan bahwa pelaksanaan fisik akan segera di kebut pengerjaannya.

Ia menambahkan, dengan terhubungnya Malang ke Blitar melalui JLS itu, maka akses jalan dari wilayah Kecamatan Sumbermanjing wetan terhubung ke Blitar.

“Tahun depan pelaksanaan fisik sudah dilakukan bersamaan dengan pembangunan jalan dari simpang empat Balekambang ke arah Gondanglegi, ” tegasnya.

Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) sepanjang jalan dari Malang ke Blitar kurang 4 kilometer untuk wilayah Kabupaten Malang terhubung ke Blitar. Sebab itu, akan dituntaskan tahun depan.

” Untuk JLS di Kabupaten Malang masih kurang 4 kilometer yang belum dibangun. Kalau Malang dan Blitar kurang 8 kilometer agar terhubung, sebab di Blitar juga kurang 4 kilometer. Maka tahun depan pembangunan fisik akan mulai dikerjakan, ” ungkapnya Rabu (6/12/2023).

Khairul Isnaini Kusuma menyebut, untuk desain trase jalan yang lama sudah clear and clean, namun dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur, meminta pergeseran trase dengan pertimbangan teknis.

“Sehingga dimulai lagi untuk sisa yang belum dibangun itu,” terangnya.

Termasuk dengan pergantian tegakan dengan Perhutani. Awalnya sudah clean dan clear. Perhutani juga sudah turun inventarisasi tegakan sudah dipatok.

” Cuma dari balai besar Jalan meminta percepatan, nah yang menentukan percepatan bukan di kami, tetapi di Kementerian LHK, ” tukasnya.

“Kita melakukan fasilitasi dengan Kementerian LHK supaya dilakukan percepatan. Sehingga tahun depan harus clear dimulai pembangunan fisik, ” ungkapnya

Pada waktu yang bersamaan, pekerjaan pembangunan jalan juga akan dilakukan dari arah Kepanjen ke Sumbermanjing Kulon hingga akses jalan ke Pantai Ngliyep.

” Maka berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat di Malang Selatan seiring peningkatan jalan itu, imbasnya kunjungan ke obyek wisata di Malang Selatan semakin tinggi, ” pungkasnya.(windu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *