Penting! Ini Lima Makanan Yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Diare

Ilustrasi.

Indonewsdaily.com, Gaya Hidup – Diare adalah kondisi saat feses berbentuk encer atau berair saat buang air besar. Buang air besar dalam bentuk cair ini bisa terjadi berkali-kali dalam satu hari.

Ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, ada juga yang perlu dihindari. Makanan yang perlu dihindari saat diare
Yogurt dan makanan-makanan sederhana minim pengolahan lainnya bisa membantu mengatasi diare.

Namun di luar itu, ada juga makanan yang tak baik dikonsumsi saat diare. Apa saja?

1. Es krim

Anda perlu menghindari asupan es krim dan produk susu lainnya seperti mentega dan keju. Produk susu adalah makanan terburuk untuk diare.

Mengutip Everyday Health, beberapa produk susu memang bisa memperparah diare, kecuali yogurt. Beberapa penelitian menemukan, probiotik pada yogurt membantu menyeimbangkan bakteri baik di usus dan mempersingkat durasi diare.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda memang nikmat diteguk saat cuaca panas. Namun, hindari dulu minuman ini jika Anda tengah mengalami diare.

Minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi dapat menimbulkan masalah tambahan. Gula dapat membanjiri sistem pencernaan dan menyebabkan kembung.

Alih-alih dengan minuman bersoda, penuhi kebutuhan cairan tambahan saat diare dengan air mineral.

3. Gorengan

Mengutip Very Well Health, makanan berlemak dapat mempercepat kontraksi usus. Kondisi ini dapat memperburuk diare.

Gorengan jadi salah satu makanan berlemak karena kandungan minyaknya yang tinggi. Hal yang sama juga berlaku pada deretan makanan cepat saji.

4. Brokoli

Meski dianggap sebagai superfood, namun hindari brokoli saat diare. Sayuran sehat satu ini bisa memicu produksi gas berlebih pada pencernaan. Dengan demikian, diare bisa semakin parah.

Selain brokoli, beberapa makanan lain yang bisa memicu produksi gas di antaranya kubis, kembang kol, bawang, buah pir, hingga buah plum.

5. Kopi susu

Pada dasarnya, kafein pada kopi tidak menyebabkan diare. Namun, kafein bisa mengiritasi sistem pencernaan. Dalam kondisi diare, Anda tentu perlu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Kondisi bakal lebih parah jika Anda meminum kopi yang dicampur dengan susu. Produk susu sendiri dikenal dapat memperburuk diare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *