Permasalahan Parkir Menjadi Perhatian dari Pemkot Malang.

Permasalahan Parkir Menjadi Perhatian dari Pemkot Malang.Foto Ist: Pj Walikota Malang Iwan Kurniawan saat meninjau lokasi parkir di Stadion Gajayana Malang.

indonewsdaily.com, Malang-Persoalan parkir menjadi salah satu isu prioritas yang menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM meninjau salah satu lokasi parkir di kawasan stadion Gajayana Malang.

Saat meninjau parkir Stadion Gajayana
Iwan Kurniawan mengungkapkan bahwa hal ini dilakukannya secara langsung ke lapangan ini untuk melihat kondisi parkir di Kota Malang setelah melakukan beberapa tahapan.

Tahapan tersebut antara lain yakni untuk memetakan dan mengidentifikasi sejumlah isu strategis termasuk terkait tata kelola parkir.

Menurut Iwan pengelolaan parkir ini harus dilaksanakan secara bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Malang yang mana Dishub adalah komponen penting dalam hal perparkiran.

“Ini adalah sebagai langkah dan upaya menyelesaikan persoalan parkir, maka dari itu saya meninjau secara langsung lokasi strategis ini, ada dua titik parkir di Kota Malang yaitu di luar Stadion Gajayana dan Kawasan Kayutangan,” ungkap Pj Walikota Malang Iwan Kurniawan. (27/8/2024)

Selanjutnya Iwan melakukan diskusi secara menyeluruh dengan pihak terkait yang akan mengatur permasalah parkir di kota Malang.

“Setelah berdiskusi untuk melihat beberapa isu, kemudian melihat beberapa proses perkembangan tata kelola oleh Dinas Perhubungan, salah satu isu yang sangat prioritas itu adalah parkir,” terangnya.

Setelahnya Pj akam menindaklanjuti dan berkoordinasi untuk melakukam kajian menyeluruh sehingga dapat di terapkan dengan baik.

“Sebagai tindak lanjut digelar rapat koordinasi pendalaman terkait teknis yang mengerucut ke perangkat daerah terkait, detail teknis yang kemudian mengerucut ke lapangan, saya menyampaikan langkah-langkah ini menjadi upaya dari Pemkot Malang untuk mengatasi beberapa masalah terkait dengan parkir, yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) kita bersama,” ucapnya.

“Dari hasil diskusi, saya sudah minta Pak Kadishub untuk memaparkan secara detail terkait masalah parkir ini. Baik itu parkir khusus, umum maupun parkir di tepi jalan. Banyak isu yang perlu ditangani, mulai dari kebijakan, sarana dan prasarana, hingga penertiban parkir di tepi jalan,” ungkap Iwan.

Beberapa kendala yang teridentifikasi terkait penataan parkir adalah kebijakan, pendataan dan anggaran. Sehingga akan dikuatkan koordinasi dengan berbagai lintas sektor terkait juru parkir untuk merumuskan solusi terbaik.

“Saya ingin kebijakan terkait penanganan parkir disusun secara matang dan clear dan  disepakati oleh seluruh stakeholder. Sehingga dengan pelaksanaan penataan parkir dapat lebih baik lagi,” pungkasnya. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *