PKKBM 2024 UB: Membangun Karakter Mulia dan Inovasi HIJAU Menuju Indonesia Emas.

PKKBM 2024 UB: Membangun Karakter Mulia dan Inovasi HIJAU Menuju Indonesia Emas.(Pembukaan PKKBM UB)

 

indonewsdaily.com, Malang-niversitas Brawijaya (UB) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 dengan tema “Membangun Karakter Mulia dan Inovasi Hijau Menuju Indonesia Emas.” Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 12 hingga 14 Agustus 2024.

Upacara pembukaan PKKMB di hari pertama diikuti secara luring oleh 14.821 mahasiswa baru di Lapangan Rektorat UB. Mereka disambut oleh jajaran pimpinan UB, termasuk Rektor, Wakil Rektor, Ketua Majelis Wali Amanat, Ketua Senat Akademik, Dekan Fakultas, serta para panitia PKKMB 2024.

Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D., Med.Sc., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru angkatan 2024, menekankan pentingnya peran mereka dalam komunitas UB.

“Selamat datang di kampus perjuangan, kampus bertaraf internasional, kampus berwawasan global, dan kampus yang memiliki nilai-nilai keberagaman nasionalisme dan religius. Saya berharap agar mahasiswa baru menghabiskan waktunya untuk belajar, sehingga kesuksesan cepat teraih dan dapat membangun karakter pribadi,” ujar Prof. Widodo.

“Habiskan waktu untuk belajar dan berorganisasi mengembangkan kapasitas diri dengan menghimpun, berkarya dan bersosialisasi dengan unit-unit aktifitas kemahasiswaan baik di tingkat universitas maupun tingkat fakultas,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Setiawan Noerdajasakti, SH., MH., menjelaskan bahwa PKKMB tahun ini meliputi kegiatan di tingkat universitas yang dikenal sebagai Raja Brawijaya (Rangkaian Acara Jelajah Universitas Brawijaya), serta Orientasi Pendidikan dan Kemahasiswaan (ORMAWA) di tingkat fakultas yang akan berlangsung dari 15 hingga 18 Agustus 2024.

Selain itu, akan diadakan Open House Unit Kegiatan Mahasiswa pada 24-25 Agustus 2024 untuk memperkenalkan 59 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UB.

“Mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dan mengikuti upacara penerimaan berjumlah 14.821 orang, terdiri dari 5.851 mahasiswa putra dan 8.970 mahasiswa putri, tersebar di 18 fakultas,” jelas Dr. Setiawan.

Selain itu, UB juga menerima 15 mahasiswa dari jalur Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas yang tersebar di 12 program studi.

Ketua Umum PKKMB sekaligus Direktur Direktorat Kemahasiswaan Dr. Sujarwo, SP., MP menjelaskan pada hari pertama, Setelah melaksanakan opening ceremony, sekitar 5.000 mahasiswa akan di mobilisasi menuju tiga gedung, yaitu GOR Pertamina, Auditorium, dan Samantha Krida.

Sisanya sekitar 10.000-an mahasiswa akan kembali ke rumah masing-masing untuk mengikuti kegiatan secara daring. Hari berikutnya mahasiswa baru dengan kloter baru akan mengikuti kegiatan secara luring di tiga lokasi .

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara hybrid untuk mengurangi potensi kemacetan di sekitar kampus. “Jika dilaksanakan secara luring penuh, kemacetan akan terjadi nyaris selama satu minggu penuh,” ungkapnya.

Sementara itu Muhammad Zaki Ibrahim, Kapel RABRAW 2024, menambahkan bahwa PKKMB tahun ini juga menghadirkan tema lingkungan, dengan tokoh inspiratif seperti dr. Gamal Albinsaid yang akan berbicara tentang Bank Sampah. Selain itu, acara ini juga menampilkan selebrasi perdamaian dunia dengan tema “Brawijaya Stand for Peace and Humanity,” yang mengangkat isu kebebasan Palestina.

Selain dr Gamal, pemateri yang dihadirkan adalah Prof. Oktavian dari BRIN dan Emil Dardak yang akan mengisi tentang Profil Pelajar Pancasila dan Revolusi Mental, serta Kepala Densus 88 Antoteror Irjen. Pol. Drs. Sentot Prasetyo, S.I.K. (win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *