Polsek Ngantang Hadiri Musyawarah Tentang Hewan Ternak dan Bahaya PMK

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Polsek Ngantang Polres Batu melibatkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemantauan kesehatan hewan di sejumlah warga peternak sapi. Hal itu dilakukan karena kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hingga saat ini belum juga hilang.

Seperti yang dilakukan Aipda Dadang Rudianto, Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung Polsek Ngantang yang melaksanakan giat musyawarah dengan warga tentang Herwan ternak sapi yang masuk di Dusun Bendorejo Desa Sumberagung dan bahaya eabah PMK, Kamis (16/7/2022).

Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto mengatakan dengan adanya kasus PMK pihaknya mengambil langkah antisipasi. Kami libatkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemantauan di desa binaan.

“Selain itu, Bhabinkamtibmas juga selalu memberikan sosialisasi kewaspadaan akan PMK serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit tersebut,” kata Kapolsek.

Disampaikan Hanis, bahwa melalui pemantauan diharapkan bisa terpantau kondisi kesehatan ternak di wilayah Kecamatan Ngantang. Sedangkan edukasi diberikan agar masyarakat tidak resah dan takut terhadap PMK dan dapat melakukan langkah pencegahan.

Ia juga menyampaikan, dalam musyawarah warga Dusun Bendorejo Desa Sumberagung melarang hewan ternak terutama Sapi masuk di Dusun Bendorejo, karena Hewan ternak yang ada di Dusun Bendorejo dalam Pemulihan.

“Kami juga berikan penjelasan kepada para warga yang memiliki ternak, apabila ditemukan tanda-tanda PMK agar pemilik peternakan segera melapor ke mantri hewan atau dinas terkait,” kata Hanis.

Kapolsek menambahkan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait tentang langkah pencegahan PMK. Termasuk cara pencegahan apabila di suatu wilayah terdapat kasus PMK agar tidak menyebar ke wilayah lain. (win)

Leave a Reply

Your email address will not be published.