Ribuan Pelajar akan Meriahkan Lomba Patrol yang Diadakan Dinas P dan K Kota Mojokerto

Lomba Patrol Ramadhan.

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Ribuan pelajar dari tingkat SD-SMA hingga karang taruna akan memeriahkan agenda lomba patrol yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto.

Patrol merupakan permainan alat musik seadanya merupakan budaya untuk membangunkan sahur. Lomba patrol akan digelar pada Rabu 12 April ini. “Patrol adalah musik tradisional rakyat yang hanya ada saat Ramadhan, jadi wajib dilestarikan,” ucap Kepala Disdikbud Kota Mojokerto, Amin Wachid, Selasa (4/04/2023).

Karena sudah menjadi tradisi, ia berkomitmen melestarikannya dan berharap Ramadhan 1444 H akan lebih meriah. Lomba yang bakal berlangsung pada Rabu mendatang sedianya diikuti oleh pelajar dari jenjang SD-MI, SMP-MTs, SMA-SMK-MA Negeri/Swasta serta Karang Taruna se- Kelurahan Kota Mojokerto.

Pihak panitia akan menyediakan tropi, piagam dan uang pembinaan bagi tiga juara di setiap kategorinya. Untuk mengikuti kegiatan ini, imbuh Kabid Kebudayaan Dikbud Kota Mojokerto, Mudjoko tiap kelompok bisa beranggotakan 10-15 orang, serta mempunyai alat yang digunakan untuk patroli terdiri dari bambu dan alat tradisional sejenisnya.

“Pada lomba musik patroli ramadan, peserta bisa memakai alat kelengkapan dapur, tetapi tidak boleh menggunakan alat musik modern dan sound sistem,’’ jelasnya.

Rute pemberangkatan, dimulai di depan Sky Walk Alun-alun, lanjut Jalan Mojopahit, jalan HOS. Cokroaminoto, Letkol Sumardjo dan patroli diarahkan menuju ke utara, kemudian titik finish di depan Rumah Rakyat atau pertigaan Jalan Letkol Sumardjo Jalan Hayam Wuruk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *