Sahur Gratis dan Gerakan Sosial Cuci Piring Bersama di Rawon Bidadari Kediri

Para driver Ojol setelah makan sahur gratis melakukan cuci piring di warung Rawon Bidadari.

Indonewsdaily.com, Kediri – Gerakan Sahur Gratis dan Cuci Piring merupakan gerakan sosial yang dilakukan oleh pemilik Warung Makan Rawon Bidadari yang terletak di di jalan Erlangga nomor 95, Katang, Kediri.

“Gerakan sahur gratis rutin digelar setiap momentum Ramadan. Dan ini adalah ke-3 kalinya di bulan Romadhon serta bentuk rasa syukur, suka cita kami dalam memeringati bulan penuh berkah ini,” ucap Pemilik Rumah Makan Rawon Bidadari Kediri, Muhammad Rofii Mukhlis, Jumat (8/4) siang.

Tak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Sahur Gratis kali ini terbilang unik. Rofii bersama istri Siti Lestari tak sekedar menyuguhkan hidangan rawon racikannya. Ia juga mengedukasi peserta sahur agar terbiasa mandiri dan bertanggung jawab.

Edukasi tersebut diterapkan lewat gerakan cuci piring rame-rame. Yakni, perseta sahur diwajibkan mencuci piringnya masing-masing setelah menyantap rawon. Sehabis makan, mereka akan antre menuju tempat cuci piring yang disediakan panitia. “Kami ajak mereka terapkan kemandirian dan empati bersama,” paparnya.

Kegiatan sahur gratis dimulai pada tanggal 4 April, kemarin. Kemudian akan berlanjut sampai tanggal 28 April 2022. Jadwal sahur gratis digelar bertahap sesuai jadwal yang terpampang di lokasi rumah makan. “Alhamdulillah, pengunjung sangat antusias dan gembira. Porsi yang kami sediakan selalu ludes,” ungkap Rofii.

Lebih lanjut, Rofii menjelaskan, partisipasi pengunjung saat kegiatan terbilang membeludak di setiap harinya. Dalam kurun tiga jam saja, 250 porsi lebih ludes. Warga yang datang berasal dari banyak kalangan. Mulai dari mahasiswa, santri, pemulung, driver ojek online hingga warga sekitar. “Mulai jam 1 dini hari mereka sudah antre,” jelasnya.

Rawon bidadari merupakan rumah makan viral yang menjadi tempat makan rekomendasi orang nomor satu di Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Setia varian rawon memiliki nama yang kreatif. Nama-nama terinspirasi dari hirarki pemerintahan. Mulai dari Lurah, Camat, Bupati sampai Presiden. “Menu yang paling banyak digandrungi saat ini adalah Rawon Iga dan Rawon Buntut,” tambahnya.

Rofii juga menyediakan banyak pilihan lauk. Seperti tempe goreng, empal, kerupuk hingga telur asin. Untuk empal, bumbu yang digunakan adalah bumbu kuning. Ada juga produk olahan sambal rumahan. Variannya adalah sambal ikan peda, bawang, cumi dan teri.

Kini Rawon Bidadari tak cuma menjual masakan rawon saja. Rofii mengembangkan menu nusantara baru. Yakni nasi besek, rujak cingur, martabak dan sate bumbu rujak. “Kami kasih diskon 50 persen di setiap hari besar. Seperti HUT TNI, HUT Kabupaten atau organisasi keislaman,” jelasnya.

Selain Gubernur Khofifah, beberapa tokoh pemerintahan dan tokoh masyarakat pernah mengicipi kelezatan rawon ini. Seperti Gus Muwafiq, Sekda Jatim, rombongan Komis A DPRD Jatim. Dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas,” pungkasnya.

Order dan booking tempat hubungi: 0856 5606 9201.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *