Tegas, Wabup Probolinggo Dukung Timnas Israel Tak Bermain di Piala Dunia U-20

Wabup Probolinggo, Timbul Prihanjoko menegaskan menolak Timnas Israel bermain di Piala Dunia U-20 (foto saat berada di Makkah).

Indonewsdaily.com, Probolinggo – Dukungan agar timnas Israel tidak main di Indonesia dalam Piala Dunia U-20 terus berdatangan. Tak terkecuali Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko.

Wabup dari PDI Perjuangan itu tegas mendukung agar timnas Israel tak datang ke Indonesia. Ia menilai alasan itu cukup berkaitan dengan historis Bangsa Indonesia.

Selain itu, hal tersebut merupakan perwujudan komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan palestina sesuai amanat Presiden RI pertama, Soekarno.

Atas hal itu, sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

“Atas hal itu, saya sepakat untuk mendukung agar timnas Israel tidak bermain di laga Piala Dunia U-20 di Indonesia,” jelas Timbul yang saat ini berada di Makkah Kamis, (23/03/2023).

“Selain itu, sampai saat ini Israel terus berupaya paksa menduduki Palestina. Tentu kita tidak bisa mentolerir aksi-aksi kekerasan disana,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga endukung sikap PDI Perjuangan Jawa Timur yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Dalam penjelasannya, PDI Perjuangan Jatim mengikuti jejak Presiden Soekarno yang pernah menolak delegasi olahraga Israel pada tahun 1957 dan 1962.

Sikap ini mencerminkan konsistensi Indonesia dalam melawan penjajahan dan kolonialisme, sejalan dengan Pembukaan UUD 1945 yang menegaskan agar Bangsa Indonesia aktif dalam perjuangan melawan penjajahan.

Untuk diketahui, Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023, dengan tuan rumah di enam provinsi Indonesia. Termasuk Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *