Totok Hariyono Anggota Bawaslu RI Tegaskan Prinsip Demokrasi Gotong Royong Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Indonewsdaily.com, Pontianak – Dewan Pengurus Cabang Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC PA GMN) Kota Pontianak gelar dialog publik kepemiluan dan kesejahtraan masyarakat. Sabtu, (10/9/2022).

Dialog publik yang digelar DPC PA GMNI Kota Pontianak secara daring tersebut menghadirkan Totok Hariyono Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI).

Totok Hariyono Anggota Bawaslu RI Priode 2022-2027 yang hadir sebagai narasumber tersebut menyampaikan apresiasi kepada DPC PA GMNI Kota Pontianak yang menginisiasi pelaksanaan kegiatan webinar publik dengan tema pemilu 2024 untuk kesejahtraan masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada para seneor alumni, bung, saeina gmni kota pontianak dan keluarga besar gmni kalbar yang telah menyelenggarakan dialog publik ini”. Ucapnya.

Ia berkata webinar publik dengan tema Pemilu 2024 untuk kesejahtraan masyatakat tersebut sejalan dengan tujuan sistem demokrasi gotong royong di Indonesia.

“Sistem Demokrasi Indonesia dalam penerapannya merupakan sistem demokrasi gotong royong yang tidak membedakan minoritas dan mayoritas, Demokrasi gotong royong merupakan demokrasi yang bersumber dari nilai luhur budaya bang Indonesia yang penerapannya melalui jalan musyawarah mufakat.”

Ia menambahkan pemilu sebagai instrument sistem pemerintahan demokrasi di Indonesia menjadi alat untuk mencapai tujuan mewujudkan keadilan, kenyamanan, ketentraman dan kesejahtraan bagi seluruh rakyat Indonesia” ujarnya saat menypaikan materi webinar publik.

Tak hanya itu, Mantan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang tersebut meminta semua pihak menjaga kerukunan dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. Ia mengingatkan perbedaan pilhan politik tak menjadi sebab terpecahnya kerukunan ditengah masyatakat.

“Tentu dalam pelaksanaan pemilu akan terjadi perbedaan pilihan dan pandangan politik masyarakat, namun itu hal yang biasa di negara demokrasi dan tak seharusnya menimbulkan keributan, ketegangan bahkan perpecahan di masyarakat.” Ujarnya.

Ia berkata masyarakat tak segan menyampaikan dugaan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu. Ia mengatakan Bawaslu menerima dan bakal menindak lanjuti setiap laporan dari masyarakat.

“Apabila masyatakat menemukan dugaaan pelanggaran pemilu silahkan disampaikan kepada Bawaslu. setiap laporan masyarakat akan kami terima dan kami tindak lanjuti sesuai dengan kewenangan undang-undang yang berlaku apabila laporan tersebut terbukti melanggar ketentuan peraturan penyelenggaraan pemilu.” Tegasnya.

Menjadi narasumber di sela kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan, Totok Hariyono Anggota Bawaslu RI mengajak kelompok organisasi masyarakat bekerja sama mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. Ia menjelaskan Bawaslu kedepankan upaya pencegahan pelanggaran pemilu ketimbang penindakan.

“Peran aktif masyarakat organisasi masyatakat, pemuda dan semua pihak sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengawal serta mengawasi pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. Bawaslu saat ini mengedepankan kerja pencegahan untuk meminimalisir terjadi pelanggaran. Maka Bawaslu mengajak kelompok organisasi masyarakat, pemuda yang bersedia secara suka rela menjadi relawan atau menjadi lembaga mitra pemantau pemilu.” Ujarnya saat menutup materi webinar publik DPC PA GMNI Kota Pontianak. Sabtu, (10/9/2022).

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

asuransi mobil

asuransi mobil aca

asuransi mobil all risk

harga asuransi mobil

lifepal asuransi mobil

asuransi mobil termurah

daftar asuransi mobil