Tingkatkan Kompetensi dan Kemahiran, Prodi HK INISNU Temanggung Gelar Praktik PLKH

Mahasiswa Prodi HK didampingi dosen pengampu mata kuliah Hukum Acara Pengadilan Agama 2. Foto: Istimewa

Indonewsdaily.com, Temanggung – Pendidikan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa program studi Hukum, tak terkecuali program studi Hukum Keluarga INISNU Temanggung yang melaksanakan praktik PLKH dengan mengangkat perkara perceraian di Aula INISNU Temanggung Rabu (29/12) siang.

Menurut Dwanda Julisa Sistyawan, M.H. kegiatan ini memiliki tujuan supaya mahasiswa semester 5 menguasai baik teori maupun praktek beracara di Pengadilan Agama agar nantinya tidak gagap ketika terjun di dunia kerja.

“Outputnya saya berharap agar nantinya temen-temen tidak bingung dan tidak gagap ketika menjadi Hakim atau Pengacara di pengadilan agama, karena teman-teman kita minta selain menguasai teorinya juga mahir dan kompeten di bidang ini.” Tutur direktur LBH SHS ini.

Sementara mahasiswa yang berperan sebagai Ketua Majelis Hakim Wahyudi mengatakan, pentingnya pengetahuan terhadap hukum dalam hal ini budaya pengadilan harus diberikan sedini mungkin kepada mahasiswa agar tidak kaget dan latah saat melakukan praktek PLKH seperti sekarang.

“Pengetahuan terhadap budaya pengadilan mestinya diberikan sejak dini mas, walaupun masih di semester awal juga tidak masalah, semisal saat selesai perkuliahan mahasiswa main ke PA atau PN sambil melihat sidang, agar nantinya mereka tidak kaget, jangan sampai sudah semester tua masih gagap hukum kan tidak lucu.” Ungkap pria kelahiran Batak ini. (YWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *