Lewat Nonton Bersama Film “Sepeda Presiden”, Ingatkan Pentingnya Membangun Kesadaran Kebudayaan

Wakabidpol DPD GmnI Jatim beserta kader GmnI atau perangkat penyelenggara. Foto: Istimewa

Indonewsdaily.com, Surabaya – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Jawa Timur menggelar acara nonton bareng dan diskusi yang bertempat di Tunjungan XXI, Tunjungan Plaza, Surabaya. Acara tersebut mengangkat tema mengapresiasi film “Sepeda Presiden” sebagai pembangunan kebudayaan nasional, Rabu (29/12/2021).

Salah satu pertimbangan diadakannya bedah film dan diskusi ini untuk menggugah kesadaran para pemuda “Sebuah karya virtual agar kita mampu melihat secara eksplisit, serta membangun kebudayaan nasional dalam bingkai kebhinekaan.” Pungkas Rizky Kurniawan, DPD GmnI Jawa Timur.

Film yang dipilih sebagai bahan diskusi ini berjudul “Sepeda Presiden”. Sepeda Presiden merupakan film terbaru karya Garin Nugroho dan Hestu Saputra. Film ini terinspirasi dari kegiatan Presiden Jokowi yang gemar memberi hadiah sepeda pada anak-anak.

Sepeda Presiden menceritakan kisah dari tiga anak asal Papua yang bermimpi untuk bertemu dengan presiden dan mendapatkan hadiah sepeda.

Ketiga anak itu memiliki mimpi tersebut sejak ramai kabar presiden yang memberikan hadiah sepeda kepada anak-anak. Mereka juga mendengar Presiden Jokowi akan berkunjung, sehingga mereka mencari tahu bagaimana cara untuk bertemu dengan sang presiden.

Acara ini dihadiri kader-kader GmnI beserta pengurus DPC Surabaya dan juga pengurus DPD GmnI Jawa Timur. Pada sesi diskusi mereka mengingatkan tentang pentingnya membangun kesadaran akan kebudayaan nasional dalam bingkai kebhinekaan.

Rizky Kurniawan mengharapkan, akan ada banyak karya-karya semacam “Sepeda Presiden” ini yang bisa memberikan informasi kepada publik tentang bagaimana cara membangun serta menjaga kebhinekaan Indonesia, agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga. Para mahasiswa juga harus tertarik untuk menyaksikan karya-karya film sejenis “Sepeda presiden” ini agar wawasan kebangsaan para generasi muda tetap terjaga.

Amir, salah satu kader GmnI DPC Surabaya yang hadir mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangat bermanfaat dan berharap akan ada diskusi-diskusi lainnya. Menurutnya acara ini sangat menambah wawasan bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Semoga nantinya banyak pemuda yang berpartisipasi dalam acara seperti ini. [am/nit]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *