6 Fraksi DPRD Kota Malang Menerima Dan Menyetujui Rancangan KUA,PPAS Untuk APBD Tahun Anggaran 2024

6 Fraksi DPRD Kota Malang berfoto bersama PJ walikota Malang Wahyu hidayat (lima dari kiri),dan ketua DPRD Kota Malang IMade Rian Diana Kartika (lima dari kanan)

Indonewsdaily.com, Malang – Banyak  catatan, rekomendasi, saran yang diberikan dalam Rapat Paripurna beragendakan Pendapat Akhir Fraksi DPRD Kota Malang terhadap Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Lantai 3 Gedung DPRD Kota Malang, pada Jumat (3/11/2023).

Fraksi PDI Perjuangan dalam pandangannya yang bacakan oleh Nurul Setyowati. Pihaknya memberikan catatan adanya penurunan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 412.637.500.000
Proyeksi penurunan PAD ini tentu sangat memiliki dampak pada berbagai program yang disusun oleh Pemerintah Kota Malang terutama dalam perencanaan pembangunan baik fisik maupun manusia,” ujarnya

Pihaknya juga menyarankan permasalahan PAD Kota Malang yang tidak pernah maksimal harus menjadi salah satu kinerja anggaran yang didesain secara serius dan dicarikan solusi yang inovatif melalui kebijakan yang transparan dan akuntabel.

“Selain itu, perlu juga melakukan pemanfaatan terhadap aset-aset yang berpotensi sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan PAD serta memanfaatkan celah dari pajak dan retribusi daerah yang belum maksimal penanganannya,” uangkap nurul saat membacakan catatan FPDIP.

Sementara itu, Akhdiyat Syabril Ulum dari Fraksi Partai Keadaan Sejahtera (PKS).  lebih menyoroti pada hasil setelah pembahasan terhadap Rancangan KUA-PPAS terjadi penurunan target PAD sebesar 33,6 persen atau sebesar Rp 412.637.500.000 dari rancangan awal.

Hal ini mendorong penyesuaian terhadap proyeksi belanja daerah,  dalam hal ini, Fraksi PKS keberatan dan menyayangkan jika target PAD Kota Malang mengalami penurunan dalam dokumen KUA-PPAS.

“Untuk itu, dalam rancangan APBD Tahun Anggaran 2024. Fraksi PKS meminta agar Pemerintah Kota Malang dapat meninjau kembali target PAD,” pinta Akhdiyat.

Pihaknya menilai turunnya target PAD Tahun Anggaran 2024 karena akan berpengaruh terhadap penurunan rasio Kemiskinan Keuangan Daerah (KKD).

“Pemerintah Kota Malang harus memikirkan langkah-langkah serius berupa terobosan dan inovasi agar mampu memenuhi target PAD melalui sistem tata kelola keuangan daerah, sinergitas antar perangkat daerah, optimalisasi pemungutan pajak dan retribusi daerah, pemaksimalan pengelolaan aset daerah, pengembangan usaha BUMD dan BLUD dan penerapan sistem informasi terintegrasi serta regulasi dan penegakan aturan hukum yang bertujuan pada upaya pengembangan PAD,” sarannya

Hal serupa disampaikan perwakilan dari Fraksi Golkar yang memberikan catatan strategis terhadap penurunan target PAD yang semula Rp 1.050.006.300.000 menjadi Rp 650.006.300.000 sangat berdampak terhadap pengalokasian belanja perangkat daerah.

“Untuk itu Fraksi Partai Golkar belum sepenuhnya bisa memahami dan mendesak Pemerintah Kota Malang untuk melakukan pembenahan terkait dengan Barang Milik Daerah,” ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Fraksi Damai Demokrasi Indonesia (Demokrat-PAN-Nasdem, Perindo, PSI) memandang adanya penurunan target PAD harus mendapatkan perhatian lebih terutama dampaknya terhadap rencana kegiatan pada tahun mendatang.

“Pemerintah Kota Malang diharapkan terus berupaya untuk memaksimalkan potensi PAD dengan menetapkan langkah-langkah strategis agar target bisa dicapai termasuk dengan melakukan analisa terhadap kondisi perekonomian baik nasional maupun regional,” terangnya.

Fraksi Damai Demokrasi Indonesia pun menambahkan agar Pemerintah Kota Malang serius dalam menyusun dokumen KUA-PPAS bisa digunakan untuk melakukan analisa terhadap asumsi-asumsi dalam penyusunan APBD pada tahun-tahun selanjutnya.

Sementara itu, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai bahwa perencanaan dan pembahasan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 terasa pelik dan menyulitkan karena dilakukan dengan proses dan prosedur yang tidak semestinya.

“Sebelum Rancangan KUA-PPAS dibahas secara resmi tiba-tiba muncul rencana penurunan PAD. Tentu rencana penurunan tersebut sangat menggangu postur anggaran yang sudah terprogram sebelumnya yang pada akhirnya semua perangkat daerah harus melakukan revisi dan ini bukan pekerjaan mudah. Ke depan Fraksi PKB meminta hal tersebut tidak terulang lagi,” tegasnya

Menanggapi hal itu, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan, Pemkot Malang akan mengoptimalkan segala sumber daya untuk memenuhi kebijakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2024. Salah satu yang akan diseriusi antara lain mengoptimalkan retribusi.

Kebijakan yang berkaitan dengan pendapatan akan dioptimalkan agar bisa menjadi sumber pendapatan. Hal ini dilakukan karena sejumlah program yang dinilai tidak prioritas akan dikesampingkan terlebih dahulu seiring turunnya anggaran belanja daerah dalam Rancangan KUA-PPAS 2024.

“Saya yakin pada 2025 nanti normal setelah kami berlakukan penyesuaian. Insha Allah pada 2025 akan kembali normal. Kami akan mengoptimalkan retribusi dan sejumlah hal yang bisa kami naikan untuk menutupi pengurangan belanja. Sesuai masukan dan saran dari DPRD Kota Malang karena memang harus kami lakukan. Kami tetap berupaya pada pendapatan ini. Saya optimis 2025 optimal,” ujar Wahyu.

Pemkot Malang dapat menerima saran dan masukan yang ada dalam pembahasan Rancangan KUA-PPAS 2024 yang telah  disepakati bersama, antara lain adanya penambahan sub kegiatan yang belum ada dalam RKPD.

“Akan dilakukan tindak lanjut pada saat penyusunan Rancangan APBD Tahun 2024. Sesuai tahapan yang telah ditetapkan, maka paling lambat satu minggu setelah Rancangan KUA-PPAS disepakati, akan diterbitkan SE Wali Kota tentang Pedoman Penyusunan RKA,” ujarnya. (ADV DPRD Kota Malang/win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *