6 Jam Jalur Akses Jurang Akhir Wagir Tetimbun Longsor

Tim Relawan bersama BPBD Kabupaten Malang saat melakukan proses pembersihan.

Indonewsdaily.com, Malang – Diguyur hujan selama beberapa jam, mengakibatkan kawasan Jurang Akhir Kecamatan Wagir Kabupaten Malang longsor dan akses jalan terblokir Senin (28/3/2022).

Samiaji , Perangkat Desa Sidorahayu Kecamatan Wagir, mengimbau masyarakat jika akan ke arah Wagir bisa lewat Kacuk karena ada kejadian tanah longsor.

“Yang mau ke area Wagir tolong lewat Kacuk saja. Jurang akhir longsor gak bisa diakses (dilewati) depan Polsek Wagir pohon tumbang, kabel listrik besar jatuh. berhati hati yang hendak lewat Wagir bisa dipertimbangkan lagi. Mbunder, Rekesan, telon (pertigaan) Wagir, macet poll,” tegas Samiaji, Senin (28/3) malam kemarin.

Seperti diketahui hujan deras yang menerpa wilayah Malang selama beberapa jam mengakibatkan tanah longsor setinggi 3 meter di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, Senin (28/3/2022) sore.

“Kejadian sekitar jam 18.00 WIB, diimbau untuk warga Kecamatan Wagir, Bandulan,Sukun & Kota Malang sekitarnya. Bagi yang berkendara motor, mobil, truk, dan lain-lain untuk menuju Bandulan – Wagir, sementara malam ini ditutup total. Dikarenakan ada Bambu tumbang dan tanahnya longsor, dan mengakibatkan antrian macet,” sambungnya.

Terpisah Kapolsek Wagir, AKP Fajar Rianyanu saat dikonfirmasi dilokasi kejadian mengatakan, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

“Tak ada korban jiwa dan Tim BPBD Kabupaten Malang, Relawan Malang dan Petugas Bina Marga dengar cepat tanggap langsung kelokasi guna melakukan pembersihan jalan di jurang akhir yang tertimbun longsor.” pungkasnya.

Dikatakan Fajar, peristiwa tersebut tepatnya terjadi di lokasi Titik Jurangager (sebelah utaranya Lapangan Sepak Bola Jalan Tulusayu Sidorahayu Kecamatan Wagir) dan Jalan diarahkan ke Jalan Wisanggeni (Bunder) menuju Jalan Sadewa (Rekesan) Sidorahayu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.

“Alhamdulillah hampir 6 jam lebih mulai pukul 18.00 sampai 23.15 WIB, jalan di jurang akhir bisa dilewati setelah dilakukan pembersihan yang melibatkan alat berat dari Binanarga Kabupaten Malang yang berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Malang.” Imbuh mantan Kapolsek Lawang.

Dan rencananya besuk pagi (Selasa, 29/3 pagi, red) warga bersama pihak desa maupun muspika setempat akan lakukan pembersihan (kerja bakti).

“Insyaallah besuk pagi sekitar pukul 08.00 hari Selasa, pihak desa bersama warga masyarakat akan lakukan kerja bakti pembesihan bekas longsoran di jurang akhir.” pungkas Kapolsek Wagir , AKP Fajar Rianyanu, Senin (28/3) malam kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *