Alumni SMK Kartika IV-1 Malang Ini Belum Lulus Sudah Dapat Kerja

Indonewsdaily.com, Malang Raya – Berawal dari hobi memasak dan suka menghias makanan, Miftahul Muhammad Rouf akhirnya terjun langsung di industri kuliner di Malang, “Jadi karena memang dari kecil suka memasak dan plating-plating gitu mbak, jadi yasudah digeluti aja sekalian,” terang pemuda yang akrab disapa Rouf ini, Selasa (1/6).

Apalagi saat dirinya memilih sekolah kejuruan di SMK Kartika IV-1 Malang, dirinya nekat mengambil jurusan Tata Boga yang saat itu tidak banyak diminati anak laki-laki lainnya. “Karena memang sudah suka dunia masak, jadi saya mutusin untuk mengambil jurusan Tata Boga di SMK Kartika IV-1 Malang. Tidak banyak siswa laki-lakinya saat itu, tapi dengan dukungan orang tua dan para guru, saya bisa lebih percaya diri dengan makanan buatan saya,” lanjut Rouf.

Selain hobi memasaknya, alasan Rouf memilih fokus di dunia tata boga karena menurutnya, menjadi chef memiliki banyak peluang di industri kerja maupun dunia bisnis kuliner, “Alasan utamanya sih sebenarnya karena jurusan Tata Boga itu memiliki banyak peluang mbak, untuk bekerja maupun buka usaha sendiri,” katanya.

Kreasi buatan M. Rouf

Tak berlangsung lama, sebelum lulus dari SMK Kartika IV-1 Malang, Rouf langsung mendapat perkajaan dirumah makan. Sehingga mmebantunya untuk melatih skill yang dia pelajari di sekolah.

“Beruntungnya saya dapat kerjaan sebelum Ujian Nasional. Ownernya langsung memilih saya untuk bekerja di rumah makan miliknya, tapi gak sampai setahun mbak, karena kan saya harus punya banyak pengalaman juga,” katanya sambil mengingat masa-masa pertama kali bekerja.

Setelah bekerja di rumah makan, Rouf kembali mendapat tawaran pekerjaan di Hotel untuk bagian Food and Beverage, “Saya dapat pekerjaan di Syariah Radho Suites di bagian f&b service. Setelah 1 setengah tahun akhirnya saya di tarik di bagian kitchen.
Saya di Radho Suites bekerja sudah 3 tahun hingga saat ini. Disini saya bisa mempraktekan lagi keahlian-keahlian yang saya pelajari selama di sekolah dulu,” jelasnya.

Diakuinya jika ilmu yang dia dapat saat sekolah sangat bermanfaat dalam dunia kerja maupun berwirausaha, apalagi di SMK Kartika IV-1 Malang memiliki fasilitas dapur dan peralatan yang memadai untuk siswa berexperimen dengan masakan, “Kalau di ingat-ingat pengalaman saat di sekolah dulu sangat bermanfaat sekali untuk saya. Apalagi saya sudah dapat pekerjaan sebelum lulus sekolah, para guru mensupport kita untuk mengembangkan bakat memasak saya. Nah pas saya kerja di Radho saya semakin percaya diri dengan kemampuan saya hingga akhirnya saya memiliki bisnis kuliner milik saya sendiri,” ujar alumni angkatan 2018 tersebut.

Saat ini, selain bekerja di bagian kitchen Radho Hotel, Rouf juga sibuk dengan bisnis kulinernya dengan membuka pesanan membuat kue dan cookies, “Alhamdulillah saat ini menerima pesanan membuat kue tart, pudding tart, aneka kue basah dan donat dan masakan lainnya,” tutup Rouf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *