Banyak Gorong-gorong Tersumbat Sampah, Kota Nabire Banjir Usai Seminggu Diguyur Hujan

Indodailynews.com, Nabire – Sudah sepekan hujan mengguyur Kota Nabire dan berakibat ruas jalan di beberapa titik tergenang air cukup tinggi, apalagi gorong-gorong yang tersumbat sampah menjadikan air meluap ke jalan raya dan banjir. 

Beberapa ruas jalan tergenang air cukup parah serta mengganggu pengguna, seperti di jalan Yans Mamoribo disekitar kantor Pelni Kelurahan Nabarua, Jl. Yos Sudarso sekitar Pos Kota Pasar Oyehe, Kelurahan Kalibobo depan SD Inpres Kalibobo dan beberapa titik lainnya.

Genangan air terparah terjadi disekitaran SD Inpres Kalibobo Kota Nabire. Hujan deras kembali terjadli tadi malam dengan waktu cukup lama berakibat banjir sampai menggenangi beberapa rumah warga Kalibobo.

“Rumah kami hampir tenggelam, karena hujan lebat tadi malam,” tutur seorang warga Andreas, Kamis (20/5/21).

Banjir yang menggenangi rumahnya, bukan hanya karena intensitas hujan namun juga dipengaruhi tersumbatnya drainase. Sampah rumah tangga seperti plastik, botol air mineral serta sampah organik non organik lainnya berakibat saluran air terganggu dan menggenangi rumah – runah warga sekitar.

Dampak buruk tersumbatnya drainase oleh sampah sehingga menimbulkan banjir di jalan poros hingga menggenangi permukiman. Warga di sekitar SD Inpres Kalibobo memalang ruas jalan Kalibobo – Bumiwonorejo.

“Ini bentuk protes kami warga Kalibobo mengharap perhatian pemerintah untuk mengurusi sampah dan buruknya drainase disini,” kata Andre.

Hingga berita ini diturunkan Satuan Brimob Nabire, pagi ini (Kamis) membuka palang yang menjadi akses dua kelurahan di Kota Nabire. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *