Berikut 5 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

 

Indonewsdaily.com, Tips – Pakcoy sayuran hijau yang sering kita jumpai di pasar ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.Selain rasanya yang lezat dan serbaguna dalam berbagai masakan, pakcoy kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu manfaat makan sayur pakcoy adalah dapat membantu dalam hal pencegahan penyakit kanker. Sayuran yang juga dikenal sebagai kol Cina ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram pakcoy, terkandung 13 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

1,5 gram protein
2 gram karbohidrat
105 miligram kalsium
252 miligram kalium
223 mikrogram vitamin A
19 miligram magnesium
Selain itu, pakcoy juga mengandung serat, asam folat, antioksidan, serta vitamin C, K, dan B6.

Berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi pakcoy secara rutin:

1. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung
Sebagai sayuran yang kaya akan folat, kalsium, dan kalium, pakcoy secara alami dapat membantu mengontrol tekanan darah sekaligus mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, vitamin B6 dan folat dalam pakcoy juga dapat membantu mengurangi produksi homosistein. Terlalu banyak homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko masalah jantung. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan sayuran berdaun hijau, secara keseluruhan, menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2. Melawan Peradangan

Seperti sayuran hijau lainnya, pakcoy merupakan sumber flavonoid quercetin yang sangat baik. Quercetin dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, pakcoy juga kaya akan serat, yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan dapat membantu mencegah kanker usus besar.

3. Menjaga kesehatan mata
Sayuran pertama yang banyak orang pikirkan adalah wortel. Wortel kaya akan beta-karoten yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata terkait usia. Nah, Manfaat pakcoy yang juga tak kalah penting adalah membantu menjaga kesehatan mata. pakcoy ini juga mengandung vitamin A dan antioksidan beta-karoten yang cukup tinggi di dalam pakcoy. Satu porsi pakcoy mengandung lebih dari setengah asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan retina, serta mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula.Selain itu, sayuran ini juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selenium dalam pakcoy dapat membantu berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat, memungkinkan tubuh untuk melawan bakteri dan virus berbahaya dengan lebih efektif.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Pakcoy mengandung vitamin C, yaitu antioksidan yang dikenal untuk melawan radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh matahari, asap, dan polusi. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen alami tubuh dan dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan.

Tips Mengolah Pakcoy:

Pemilihan Pakcoy

Pilih yang segar: Pilih pakcoy yang daunnya berwarna hijau segar, tidak layu, dan batang yang masih keras.
Hindari yang berlubang: Perhatikan apakah ada bagian yang berlubang atau terdapat bintik-bintik hitam, karena ini menandakan pakcoy sudah tidak segar.
Pencucian Pakcoy

Cuci bersih: Cuci pakcoy di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.
Pisahkan daun dan batang: Pisahkan daun dan batang pakcoy sebelum dicuci. Batang pakcoy yang lebih keras perlu dicuci lebih teliti.
Cara Memotong

Potong sesuai selera: Potong pakcoy sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Untuk tumisan, potong-potong pakcoy menjadi bagian yang lebih kecil.
Potong batang secara diagonal: Potong batang pakcoy secara diagonal agar lebih mudah matang dan menyerap bumbu.
Cara Memasak

Masak sebentar: Pakcoy tidak perlu dimasak terlalu lama agar tetap renyah dan nutrisinya tidak hilang banyak.
Tumis atau kukus: Cara memasak yang paling umum adalah dengan menumis atau mengukus.
Hindari merebus terlalu lama: Merebus terlalu lama akan membuat pakcoy menjadi lembek dan kehilangan teksturnya.
Tambahkan sedikit minyak: Saat menumis, tambahkan sedikit minyak untuk memberikan rasa yang lebih gurih.
Bumbui sesuai selera: Kalian bisa menambahkan berbagai macam bumbu sesuai selera, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, atau saus tiram sesuai selera.
Tips Tambahan

Kombinasikan dengan bahan lain: Pakcoy bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan lain, seperti daging, ayam, seafood, atau tahu.
Simpan di kulkas: Jika tidak langsung diolah, simpan pakcoy di dalam kulkas dalam wadah tertutup. Pakcoy bisa bertahan beberapa hari di dalam kulkas.
Dengan segala manfaatnya, pakcoy layak dijadikan sebagai salah satu sayuran wajib dalam menu makanan. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan pakcoy ke dalam menu masakan sehari-hari dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *