Berikut Daftar Wilayah di Jakarta yang Waspada Banjir

Jabodetabek213 Views

Indonewsdaily.com – Banjir kembali melanda ibukota Jakarta pada Senin (24/5) malam lalu. Dalam laporan warga di situs petabencana.id, terpantau banjir terjadi di tiga lokasi yakni di Jalan Ratu Cempaka Barat II, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

“Mulai banjir.. tolong pompa dinyalakan..,” demikian laporan warga pada pukul 22.47 WIB. 

Kemudian, banjir juga merendam wilayah RT 001 RW 004 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Barat. “Hujan sebentar Warga RT01 RW 04 Kel Cipinang Melayu Kec Makasar Jakarta Timur kebanjiran,” bunyi laporan warga pada pukul 23.29 WIB.

Dilansir dari Kompas, Banjir juga terjadi di Jatipadang, Jakarta Selatan. Ketinggian air dilaporkan 45 sentimeter. “Jatipadang 3, gang h. Saiman RT 08 RW 05 terdampak banjir dari sore hari setinggi paha oranf dewasa,mohon respon dan tanggapannya agar surut,” demikian laporan warga pada pukul 23.03 WIB. 

Sebelumnya diberitakan, banjir akibat hujan deras merendam Jalan Puri Mutiara, tepatnya persimpangan Jalan Puri Mutiara V, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin malam. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat. Mobil dan motor harus mengurangi kecepatan saat melintasi banjir. 

Selain itu, warga di 21 wilayah di Jakarta juga diminta mewaspadai potensi banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, tinggi muka air di Pos Pantau Sunter Hulu pada Senin pukul 22.00 WIB yakni 230 sentimeter atau siaga 2 dan dalam kondisi hujan. 

BPBD, melalui akun resmi Twitter @BPBDJakarta, menginformasikan bahwa air akan tiba di Pintu Air Pulo Gadung dalam empat jam atau Selasa (25/5/2021) pukul 02.00 WIB dini hari. 

Petugas BPBD DKI Jakarta, melalui sistem disaster early warning system, telah meminta warga di bantaran sungai untuk mewaspadai potensi banjir. “Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir,” kata petugas dalam video yang diunggah di akun Twitter BPBD DKI. 

Imbauan itu sudah disampaikan kepada warga sejak Pos Pantau Sunter Hulu berstatus siaga 3 pada pukul 21.00 WIB. Warga yang diimbau waspada adalah warga yang tinggal di wilayah sebagai berikut: 

Bambu Apus 

Cilangkap 

Pondok Ranggon 

Setu 

Lubang Buaya 

Pondok Bambu 

Pondok Kelapa 

Cipinang 

Cipinang Melayu 

Cipinang Muara 

Duren Sawit 

Jatinegara 

Kayu Putih 

Pulo Gadung 

Sumur Batu 

Kelapa Gading Barat 

Kelapa Gading Timur 

Kebon Bawang 

Rawa Badak Selatan 

Rawa Badak Utara 

Sungai Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *