Bisa Ditiru, Budidaya Ikan Gabus Omset Perbulan Puluhan Juta

Indonewsdaily.com, Lumajang – Usaha budidaya ikan gabus ternyata potensial mengasilkan pundi-pundi keuntungan. Tak main-main jika digeluti, omset puluhan juta per bulan bisa didapat.

Seperti yang digeluti Eko Rudi Feriawan (35) warga Desa Kraton, Yosowilangun, Lumajang. Eko sukses membudidayakan ikan gabus, dalam satu bulan, Eko bisa meraup untung hingga Rp 15 juta.

Dalam proses budidaya, Eko memiliki 35 kolam ikan. Usaha budi daya ikan gabus ini ia tekuni sejak tahun 2011.

Menurut Eko, membudidayakan ikan gabus tidaklah terlalu sulit karena ikan ini ‘bendel’. Namun tetap saja kualitas air harus diperhatikan. Pakan berupa cacing atau pakan ikan juga hrus terus diberikan untuk menunjang pertumbuhan.

Eko mengaku memiliki 100 pasang induk ikan gabus untuk dibudi daya. Satu ekor indukan bisa menghasilkan benih atau anak ikan gabus sebanyak 5.000 hingga 10.000 ekor.

“Usaha budidaya ikan gabus ini saya mulai sejak 2011. Saat ini ada 100 pasang induk ikan gabus yang saya budidaya di 35 kolam,” ujar Eko, Minggu (21/10/2021).

Dalam satu bulan, Eko bisa menghasilkan 50.000 hingga 70.000 benih ikan gabus. Benih ikan yang juga disebut ikan kutuk miliknya ini dikirim ke sejumlah kota di indonesia seperti Banyuwangi, Yogyakarta, Banjarmasin, Makasar, Pekanbaru, Aceh, Batam, dan Bali.

Benih ikan gabus dijualnya seharga Rp 300.000 per seribu ekornya. Namun, untuk ikan gabus siap konsumsi dijual seharga Rp 40.000 perkilogramnya. Dalam satu bulan, Eko bisa mendapatkan keuntungan Rp 10 hingga Rp 15 juta dari budidaya ikan gabus.

“Dalam satu bulan bisa kirim 50 hingga 70 ribu benih ikan gabus ke sejumlah kota di Indonesia. Keuntungan budidaya ikan gabus ini Rp 10 hingga 15 juta rupiah satu bulan ” pungkas Eko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *