Catat! Ini Lowongan CPNS 2021 Buat Lulusan SMA/SMK

Indonewsdaily.com, Jakarta- Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021. Dari sejumlah instansi yang membuka lowongan CPNS, beberapa di antaranya membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Masyarakat masih punya waktu hingga 21 Juli untuk mendaftar lowongan tersebut. Sehingga, masyarakat diharapkan cermat dan berhati-hati saat mendaftar.

Berikut lowongan CPNS untuk lulusan SMA/SMK:

  1. Kementerian Hukum dan HAM

Jumlah kebutuhan CPNS Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 4.558 formasi. Dari total formasi tersebut, kementerian ini menyediakan 3.876 formasi untuk penjaga tahanan dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat. Kemudian, sebanyak 95 formasi untuk pemeriksa keimigrasian.

  1. Kejaksaan

Instansi yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA selanjutnya adalah Kejaksaan. Tahun ini, Kejaksaan membuka 496 formasi untuk pengadministrasi penanganan perkara dan 494 formasi untuk pengawal tahanan atau narapidana.

Secara total, Kejaksaan membuka lowongan 4.148 formasi di CPNS 2021.

  1. Kementerian Pertahanan

Kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto ini juga membuka lowongan untuk SMA. Lowongan tersebut yakni 2 formasi untuk pengemudi ambulan dengan kualifikasi SMK otomotif atau SMK mekanik otomotif.

Kemudian, 16 formasi untuk pemula kataloger dengan kualifikasi SLTA/SMA sederajat. Lalu 1 formasi untuk pemula kataloger kualifikasi SLTA/SMA putra-putri Papua.

  1. Kementerian Perhubungan

Ada sejumlah formasi di Kementerian Perhubungan yang dibuka untuk kualifikasi SMA/SMK. Posisi yang terbuka di antaranya yakni pemula penguji kendaraan bermotor 62 orang, teknisi listrik dan jaringan 149 orang, penerbang 6 orang, teknisi peralatan listrik dan elektronika 1 orang, dan teknisi sarana dan prasarana 1 orang.

Masih ada beberapa lagi formasi yang terbuka untuk SMA/SMK. Beberapa formasi untuk SMA/SMK tersebut memerlukan keahlian khusus.

  1. Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan juga membuka lowongan formasi untuk SMA/SMK. Beberapa posisi tersebut yakni juru mudi 1 orang, kelasi untuk Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung 1 orang dan kelasi untuk Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan 19 orang.

Oiler 6 orang, operator speedboat 28 orang, pelaksana pemula asisten produksi perikanan tangkap 28 orang, serta beberapa untuk teknisi perikanan budidaya.

  1. Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan

Beberapa posisi yang dibuka untuk lulusan SMA/ SMK adalah untuk posisi pemula pengendali ekosistem hutan dan pemula polisi kehutanan.

  1. BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) juga menyediakan sejumlah posisi untuk lowongan SMA/SMK sederajat. Formasi yang tersedia yakni pengadministrasi rekam medis dan informasi sebanyak 15 formasi dan pramu laboratorium 13 formasi.

  1. Basarnas

Beberapa posisi yang dibuka untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK di Basarnas antara lain pemula rescuer, juru minyak, juru mudi, kelasi kapal kelas II, markonis, masinis II kapal kelas II, masinis I kapal kelas III, masinis I kapal kelas IV.

Lalu, ada juga mualim II kapal kelas II, mualim I kapal kelas II, mualim I kapal kelas IV.

  1. Kementerian Pertanian

Total formasi yang tersedia untuk CPNS 2021 Kementerian Pertanian adalah 766 formasi. Dari 766 formasi ini, beberapa di antaranya terbuka untuk lulusan SMA/SMK.

Formasi yang dibuka yakni pemula paramedik karantina hewan 34 orang, pemula pemeriksa karantina tumbuhan 32 orang, pemula teknisi penilitian dan perekayasaan 23 orang, pengelola instalasi ternak 1 orang, dan perawat ternak 3 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *