Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan Samsul Hadi : Pembangunan SPAM Di 6 Kecamatan Malang Selatan Secara Bartahap

Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan Samsul Hadi.

Indonewsdaily.com, Malang – Perumda Tirta Kanjuruhan terus mengupayakan agar segera terealisasinya layanan air melalui perpipaan untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat khususnya di beberapa wilayah kecamatan di Malang Selatan.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Samsul Hadi terkait SPAM Kaligoro tahap 3 yang akan di bangun untuk masyarakat di Desa Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang , (15/11/2023)

“Secara bertahap warga masyarakat di 6 (enam) Kecamatan yang mengalami krisis air bersih, yaitu Donomulyo, Bantur, Pagak, Kalipare, Sumbermanjing Wetan dan Gedangan akan dapat dilayani melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui bantuan APBN dan APBD” terang Samsul

Ia menyampaikan nantinya setelah pembangunan SPAM Kaligoro tahap 1 dan 2 selesai, saat sedang dalam proses persiapan SPAM Kaligoro tahap 3 di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang sudah ada 26 Kecamatan yang sudah kami laksanakan pembangunan jaringan dan insya Allah Mulai tahun ini sampai tahun depan kami sudah bisa melayani di Kecamatan Gedangan dan pengembangan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan” terangnya (16/11/2023).

Samsul juga menerangkan pihaknya akan melaksanakan pembangunan jaringan yang berada di Malang Selatan mulai dari Kalipare, Donomulyo kemudian Kecamatan Pagak dan Batur.

” Insya Allah 6 Kecamatan ini dalam waktu yang tidak terlalu lama Semua bisa berlari air bersih untuk kebutuhan air minum masyarakat Kabupaten Malang” ucapnya

Selanjutnya Ia menerangkan bahwa sumber mata air Kaligoro air bakunya adalah sumber mata air yang layak dan siap minum karena sudah melalui uji laboratorium.

“Airnya siap untuk diminum kemudian debit daripada device air yang ada di Sumber Kaligoro itu juga luar biasa” katanya

Berdasarkan hasil dari peninjauan PUSDA Kabupaten Malang debitnya 860 liter/detik, kemudian yang digunakan adalah 150 liter per detik dan diharapkan nanti bisa memenuhi 15.000 sambungan rumah baik itu di Kecamatan Gedangan maupun di Kecamatan sumbermanjing Wetan.

Sementara itu, PJ Sekda Kabupaten Malang Dr. Nurman Ramdansyah mengatakan Bupati Malang akan selalu berjuang untuk pembangunan-pembangunan di Kabupaten Malang, karena APBD Kabupaten Malang apabila digunakan program tersebut tidak akan mampu dengan problematika persoalan-persoalan yang ada di Kabupaten Malang

“Ini tahap finalisasi terhadap sebuah kegiatan atau proyek yang berkaitan dengan sarana prasarana air bersih untuk masyarakat. Dan kebetulan lokasinya sangat cocok dan sangat dibutuhkan.(win/ddg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *