DPUBM Perbaiki Gorong-Gorong di Jl. Cerme, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji

DPUBM Perbaiki Gorong-Gorong di Jl. Cerme, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji

 

indonewsdaily.com, Kabupaten Malang- Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang terus berkomitmen berikan pelayanan kepada masyarakat dengan memprioritaskan pengerjaan kontruksi fasilitas jalan dan jembatan rusak dengan prioritas konsentrasi fasilitas jalan yang harus diperbaiki guna kenyamanan pengguna jalan

Seperti halnya perbaikan jalan dan duiker atau gorong-gorong di ruas Jl. Cerme, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji. Ruas jalan ini dinilai sangat strategis karena merupakan akses jalur alternatif dari Desa Kendalpayak ke Desa Karangduren dan Desa Genengan Kecamatan.

Ruas jalan ini memang strategis karena merupakan akses jalur alternatif dari desa Kendalpayak ke desa Karangduren dan desa Genengan Pakisaji.

Melihat potensi tersebut diatas, DPU Bina Marga disamping melakukan pelebaran jalan secara bertahap, juga melakukan perbaikan dan penggantian duiker di ruas tersebut.

Hal tersebut dikarenakan Ruas duiker cerme Kecamatan Pakisaji, dengan konstruksi beton buis diameter 60 lebar duiker 4m, kondisi eksistingnya ambles dikarenakan beton buis di posisi rong dalam mengalami pecah.

Kemudian Penanganan menggunakan box culvert ukuran rong 1m x 1m sebanyak 5 buah lebar efektif duiker menjadi 5.6m. Duiker mulai mengalami penurunan akibat pecahnya rong dalam beton buis sehingga bisa membahayakan pengendara yang lewat diarea tersebut.

Dengan dibangunnya duiker ini sangat bermanfaat bagi penggunan jalan dan warga sekitar, sebab lebar duiker yang dulunya sempit sekarang menjadi lebar sehingga jika kendaraan besar berpapasan tidak perlu bergantian lagi saat melewati duiker tersebut.

Sebagaimana diketahui, angka peningkatan lalu lintas di ruas Jl. Cerme, Desa Karangduren, Pakisaji sangatlah tinggi, seiring dengan bertambahnya fasilitas masyarakat seperti sekolah dan juga pertumbuhan fasilitas umum oleh swasta seperti halnya pabrik dan tempat wisata.

Melihat potensi tersebut diatas, Dinas PU Bina Marga disamping melakukan pelebaran jalan secara bertahap, juga melakukan perbaikan dan penggantian duiker di ruas jalan tersebut.

Sekretaris Dinas Bina Marga Fendi Sujatmiko menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat

“Sangat tepat dan bermanfaat dikarenakan di area tersebut lalu lintasnya lumayan padat pada jam kerja dan jam sekolah. Mengingat di lokasi tersebut terdapat tempat pendidikan, serta ada beberapa perusahaan rokok yang sangat terbantu lalu lintasnya dengan adanya perbaikan jalan dan duiker tersebut,” ujarnya (28/07/2024).

Selanjutnya Fendi Sujatmiko menjelaskan bahwa perbaikan dan pergantian duiker tersebut dikarenakan duiker mulai mengalami penurunan akibat pecahnya rong dalam beton buis yang bisa membahayakan pengendara yang melintas, sehingga Dinas PU Bina Marga bergerak cepat dengan melakukan perbaikan dan pergantian duiker.

Lebih lanjut, Fendi juga menambahkan bahwa pengerjaan pergantian duiker di ruas jalan tersebut, menggunakan konstruksi beton buis dengan diameter 60 cm, dan lebar duiker 4 meter.

“Kondisi eksistingnya ambles dikarenakan beton buis di posisi rong (dalam) mengalami pecah. Penanganan menggunakan box culvert ukuran 1m x 1m sebanyak 5 buah, dengan lebar efektif duiker menjadi 5,6 meter,” jelasnya.

Fendi juga mengungkapkan dalam perbaikan dan pergantian duiker, ukurannya juga diperbesar dan diperlebar. Menurutnya dengan pelebaran duiker yang dulunya sempit, hal tersebut untuk mempermudah dan melancarkan arus lalu lintas.

Diharapkan dengan upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas PU Bina Marga tersebut, duiker yang semula rusak dan sempit, bisa segera dilalui untuk sarana transportasi oleh masyarakat. (win)

 

Exit mobile version