Gedung Perpustakaan Baru, Sekaligus Kukuhkan Dewanti Rumpoko Menjadi Bunda Literasi Kota Batu

Indonewsdaily.com, Kota Batu – Literasi menjadi salah satu kunci untuk menciptakan generasi yang unggul dan maju. Ketersediaan sarana perpustakaan dan koleksi bahan bacaan menjadi salah satu hal yang penting.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Batu, Dra Hj. Dewanti Rumpoko, saat kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, Peresmian Gedung Layanan Pespustakaan dan Pengukuhan Bunda Literasi Kota Batu, di Gedung Perpustakaan Umum Kota Batu, jalan Kartini, Jumat (4/2/2021) pagi.

“Saat ini, jumlah perpustakaan di Kota Batu ada sebanyak 146 unit yang terdiri dari perpustakaan daerah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa/Kelurahan, Sekolah, Masyarakat dan Keluarga dengan jumlah koleksi bahan pustaka sebanyak 34.300 eksemplar dan 4.800 buku elektronik”, jelasnya.

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, bersyukur, gedung perpustakaan sudah bisa dimanfaatkan, dengan demikian diharapakan banyak masyarakat yang datang ke perpustakaan.

“Alhamdulillah, gedung perpustakaan ini sudah jadi dan cukup megah. Dengan adanya gedung ini, semoga perpustakaan mampu mengembangkan inovasi dan kreativitasnya, dan semoga masyarakat lebih banyak  yang datang ke perpustakaan. Perpustaakan saat ini akan diisi teori ilmu perpustakaan abad 18 sebanyak 10%, teori ilmu perpustakaan yang tumbuh pesat pada abad 19 sebanyak 20% dan teori ilmu perpustakaan yang relevan saat ini sebanyak 70%”, jelasnya.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, juga menyampaikan pentingnya literasi untuk generasi muda. Perpustakaan saat ini hendaknya tidak ada lagi deretan buku-buku tua.

“Betapa banyak buku yang ada di masyarakat yang butuh untuk diimplementasikan. Tugas kita saat ini adalah mencerdaskaan kehidupan anak bangsa, mensejahterahkan anak bangsa, melindungi NKRI dan melaksanakan ketertiban dunia,” katanya. (Heru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *