Gelar Simulasi Pencoblosan, KPU Kota Mojokerto Tekankan Penggunaan Sirekap

tes

 

 

Foto: Proses simulasi pencoblosan yang digelar KPU Kota Mojokerto.

 

 

Indonewsdaily.com, Mojokerto – KPU Kota Mojokerto kembali mengelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap dalam pemilu 2024, Senin (29/1/2024).

Simulasi ini berlangsung di TPS 002 yang berada di Balai pertemuan Lingkungan Pulorejo kecamatan Prajurit Kulon. Nampak, pemilih terlihat antusias melakukan simulasi pencoblosan lima surat suara yang disediakan.

Terdapat lima kotak suara digunakan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, serta anggota DPRD Kabupaten atau Kota.

Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya KPU untuk mematangkan petugas KPPS yang baru dilantik dalam pemungutan suara. Kegiatan ini juga ditekankan pada penggunaan Sirekap pada petugas KPPS, PPS dan PPK.

“Penekananya pada bagimana penggunaan Sirekap sehingga saat pemungutan petugas sudah memahami,” katanya.

Saiful Amin menuturkan, simulasi pemungutan suara hari ini dilaksanakan secara rill. Artinya, simulasi pemungutan suara hari ini sama dengan 14 Februari nanti sama persis.

“Kita melakukan simulasi secara rill dan kita mengundang pemilih asli. Selain itu ada juga simulasi pemilih pindah pilih,” tuturnya.

Lebih lanjut Amin menambahkan para pemilih ini menerima surat C pemberitahuan dari KPU. Surat itu kemudian dibawa untuk dalam simulasi pemungut suara.

“Yang kita sebarkan itu C pemberitahuan bukan lagi undangan. C pemberitahuan ini dibawa ke sini dengan identitas KTP,” jelasnya.

Dengan simulasi ini, Amin berharap para KPPS, PPS dan PPK bisa semakin paham dalam proses pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan Sirekap.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *