Gudang Masker Terbakar di Jakarta Utara, 9 Warga Sempat Terjebak Api

Indonewsdaily.com, Jabodetabek – Kebakaran melanda Gudang Penyimpanan Masker yang juga dijadikan tempat tinggal di Jalan Keting, RT 007 RW 012 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Rabu (29/09/2021).

Berdasarkan informasi dari Mulat Wijayanto selaku Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, bahwa sebanyak sembilan orang yang sempat terjebak api didalam bangunan yang terbakar dan berhasil diselamatkan.

“Sembilan korban ditemukan dalam keadaan selamat,” tutur Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulat Wijayanto.

Lanjut Mulat menambahkan, bahwa sebagian korban yang mengalami luka ringan sudah dievakuasi ke RS Duta Indah. Diketahui, dari 9 korban, tiga anak-anak diantaranya juga langsung dievakuasi.

Informasi yang dihimpun dilokasi, bahwa seluruh korban dievakuasi oleh petugas dengan menggunakan alat khusus dari unit pemadam kebakaran melalui atap sebuah rumah. Api merambat dari bawah, hingga menghanguskan tiga bangunan dan satu mobil yang terparkir didepan rumah.

Pokdar Kamtibmas Polsek Metro Penjaringan dari Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan juga ikut membantu penanganan dilokasi.

Salah satu Pokdar Kamtibmas Polsek Metro Penjaringan yang bernama King Darto juga menyampaikan himbauan dalam pencegahan kebakaran.

Himbauan King Darto yakni, bahwa mengingat berada dalam pemukiman yg padat penduduk, agar masyarakat tetap waspada dalam menjaga rumah masing-masing rumah/individu untuk mencegah antisipasi bahaya kebakaran, agar bisa di minimalisir pribadi dengan cara yakni kelistrikan rumah tangga (tempat tinggal), kabel-kabelnya perlu di perhatikan atau diperiksa secara rutin agar tidak over surchage daya yg berpotensi arus pendek. 

Lalu King Darto juga menyarankan bahwa ada baiknya jika rumah tinggal yg sekaligus berfungsi sebagai tempat usaha/UMKM menyediakan sendiri secara mandiri peralatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang disesuaikan jumlahnya dengan resiko yg mungkin terjadi.

“Selain itu, perlu juga diperhatikan teralis pagar  rumah agar tidak berlebihan digunakan karena membahayakan pemilik rumah sendiri bila terjadi kebakaran apalagi terkunci tertutup,” pungkas King Darto.

Hingga kini, polisi dari Polsek Metro Penjaringan masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut. Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan kelokasi untuk memadamkan api. [Muhammad Ryan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *