Sumber foto : soompi

Indonesia Jadi Negara dengan Jumlah Penggemar K-Pop Terbesar di Dunia Maya

Indonewsdaily.com – Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia maya pada tahun 2021, berdasarkan laporan dari Twitter yang dirilis pada Rabu (26/1), serta didasarkan menurut unique authors.

Menurut keterangan yang diterima pada Rabu (26/1), kedudukan kedua negara dengan penggemar K-Pop terbanyak menurut Twitter yaitu Jepang, disusul kemudian oleh Filipina, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat.

Urutan ke-enam ada Thailand, disusul oleh dengan Brazil, Meksiko, India, dan Malaysia di urutan ke-10. Kendati begitu, Twitter tidak merilis secara resmi tentang jumlah akun yang teridentifikasi sebagai para penggemar K-Pop tersebut.

Bukan hanya menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbanyak di Twitter, Indonesia juga mencatatkan sebagai negara yang paling banyak membahas topik K-Pop pada platform media sosial tersebut.

Posisi Indonesia kemudian disusul oleh Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brazil, India, hingga Jepang. 

Perolehan Indonesia ini merupakan tahun kedua usai pada tahun lalu juga menduduki status negara dengan jumlah tweet tentang K-Pop terbanyak di dunia.

Sementara itu, BTS (@BTS_twt) menduduki peringkat pertama artis K-pop yang paling banyak dibincangkan di Twitter baik di tingkat global maupun di Indonesia.

Konser BTS Permission to Dance On Stage – LA yang diadakan secara langsung menjadi salah satu momen paling penting yang ikut berkontribusi lada lebih dari 68 juta jumlah tweet secara global.

Kemudian ada NCT (@NCTsmtown) yang mdnududki posisi kedua sebagau artis K-pop yang paling banyak dibincangkan di Twitter secara global. Ini adalah kali kedua NCT menempati posisi tersebut.

BTS hingga EXO menjadi sejumlah artis K-pop yang sudah mendominasi jagat raya Twitter Indonesia sejak lama. Pada tahun 2018 sendiri, tagar #BTS dipakai oleh penggemar mereka, yaitu ARMY, dalam mencari dan berbagi informasi tentang idola mereka.

BTS, EXO, Seventeen, dan NCT juga diketahui mendominasi dunia Twitter pada tahun 2019, dimana BTS menjadi grup yang paling banyak dibincangkan di Indonesia, disusul kemudian oleh EXO dan SEVENTEEN.

Tagar #BTS sekaligus menjadi yang paling banyak dipakai pecinta K-pop di tanah air. #EXO dan #NCT mengikuti dengan menempati peringkat dua dan tiga ketika itu.

Pada tahun 2021, pembicaraan tentang K-Pop kembali memuncaki percakapan di Twitter dengan peningkatan jumlah twit secara global dari 6,7 miliar pada tahun 2020, meningkat jadi 7,8 miliar.

Peningkatan ini menunjukkan semakin ramainya percakapan soal K-pop di Twitter. Keramaian ini juga turut berimbas ke beragam hiburan lain lantaran terus memperoleh perhatian dari masyarakat dunia.

Pembahasan tentang drama Korea (drakor), film, webtoon, dan beragam hiburan lainnya turut mengalami peningkatan di tahun ini. Webtoon yang diadaptasi menjadi drama juga disambut meriah oleh para penonton, diantaranya ada True Beauty, Sweet Home, dan Navillera sebagai webtoon yang paling banyak dibahas di Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *