Ini Fakta, Penyebab, dan Cara Mengatasi Mata Kedutan

 

Indonewsdaily.com – Kalian pernah dengar nggak mitos di masyarakat jika mata kedutan ada yang lagi gosipin kita? Menurut kalian mitos itu bener nggak? Jika dalam dunia kesehatan kedutan dimata biasa disebut Myokymia.

 

Myokymia adalah kejang otot yang biasanya terjadi pada kelopak mata atas secara berulang. Kedutan biasanya terjadi dengan gerakan yang ringan, kadang juga cepat dan membuat mata kita tertutup dengan sendirinya. Kondisi ini biasa disebut blefarospasme.

 

Kedutan memang tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, namun kita kerap dibuat tidak nyaman dengan hal itu. Lalu apa sih yang menyebabkan kita mengalami kedutan ?

 

Kedutan pada mata sebenarnya bisa terjadi begitu saja tanpa penyebab apapun. Namun, kedutan bisa dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

 

– Iritasi mata

– Tegang kelopak mata

– Kelelahan

– Kurang tidur

– Terlalu banyak beraktivitas

– Efek samping obat

– Konsumsi alkohol, rokok, dan kafein berlebih

 

Namun meskipun tidak berbahaya, kedutan harus tetap diperhatikan ya karena jika terus terjadi maka kedutan akan masuk pada fase kronis, dimana kedutan terjadi lebih cepat dan tidak terkendali.

 

Jika sudah demikian, kedutan akan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Efek yang lebih buruk lagi adalah dapat membuat pandangan menjadi kabur, sensitif terhadap cahaya, dan kejang pada wajah.

 

Apa saja tanda jika kedutan sudah ada di tahap kronis? Dikutip dari Healthline, berikut adalah tanda jika kedutan sudah parah dan membutuhkan bantuan dokter untuk menyembuhkannya.

 

Mata menjadi merah, bengkak, dan berair. Kelopak mata atas menjadi turun, Kelopak mata jadi tertutup sepenuhnya saat kedutan terjadi. Kedutan mata kanan atas terjadi terus menerus dalam beberapa minggu

Kedutan mulai berimbas pada bagian lain di wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *