Ini Lima Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Puasa

Foto: Ilustrasi.

Indonewsdaily.com, Tips – Hal wajar yang dialami oleh orang-orang saat berpuasa adalah bibir pecah-pecah. Jelas saja, hampir seluruh tubuh menjadi dehidrasi dikarenakan asupan cairan yang berkurang selama kurang lebih 13 jam. ???

Namun kalian tak perlu khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari bibir pecah-pecah saat puasa. Apa sajakah itu? Simak tips berikut ini.

1. Konsumsi air putih saat sahur dan puasa

Karena asupan cairan dalam tubuh terhenti selama kurang lebih 13 jam, maka kalian harus menggantinya kala sahur dan berbuka puasa. Kalian bisa menggunakan metode 2-4-2, yakni dengan meminum dua gelas air saat berbuka, empat gelar air sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur.

Selain itu, kalian juga bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi buah yang mengandung air, seperti buah pir, semangka, jeruk dan buah segar lainnya.

2. Hindari makanan asin dan pedas

Faktor lainnya penyebab bibir kering adalah makanan asin atau pedas yang kalian konsumsi baik saat sahur maupun saat berbuka puasa. Makanan asin mengandung kadar garam yang tinggi sehingga dapat mengikat cairan dalam tubuh.

Sedangkan makanan pedas dapat membuat tubuh kehausan sepanjang hari, akibatnya kalian akan mengalami dehidrasi dan bibir menjadi lebih mudah untuk mengalami pecah – pecah. Jadi sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan asin dan pedas ya.

3. Mengkonsumsi asupan asam lemak esensial

Sebuah riset mengatakan bahwa bibir pecah – pecah juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan lemak esensial. Inilah mengapa, disarankan untuk menyantap hidangan dengan kandungan tersebut saat sahur ataupun berbukan, seperti kacang-kacangan, minyak ikan, dan alpukat.

4. Menggunakan lip balm

Lip balm bisa menjadi senjata yang ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Pilihlah lip balm tanpa rasa namun mengandung joba oil atau vitamin E yang dapat melembabkan bibir secara maksimal. Aplikasikan secara rutin terlebih bagi kalian yang hampir 24 jam berada di ruangan ber-AC.

5. Jangan menjilat bibir

Biasanya, seseorang yang mengalami bibir pecah – pecah akan tanpa sadar menjilat bibirnya, dengan tujuan agar bibir menjadi basah dan lebih segar. Nyatanya, kegiatan ini justru akan membuat bibir semakin kering lho!

Ini karena air liur mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir dan menghilangkan minyak alami yang ada di kulit. Oleh karena itu, akan lebih jika kalian menggunakan lip balm setiap kali merasa bibir kering dan pecah – pecah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *