Suroto, Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Timur.

KNPI JATIM Jaring Calon Ketua Caretaker KNPI Kota Malang

Indonewsdaily.com, Kota Malang – Bursa penjaringan calon Ketua Caretaker DPD KNPI Kota Malang mulai dibuka oleh DPD KNPI Provinsi Jawa Timur. Para pemuda diundang untuk mengajukan diri sebagai calon yang bakal mengambil mandat sebagai pemimpin organisasi berhimpun terbesar di kota pendidikan ini.

“Ini dalam rangka menegakkan konstitusi KNPI, terutama setelah suksesnya Kongres XVI Pemuda / KNPI di Ternate Malut bulan lalu,” ujar Suroto, Wakil Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Timur dalam rilisnya Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, potensi pemuda di Kota Malang sangat besar untuk menggerakkan peran pemuda di kancah pemberdayaan maupun pembangunan. Sehingga organisasi harus aktif dalam mengisi dinamika kepemudaan di Kota Malang, terutama menjadi elemen strategis yang mengawal jalannya roda pembangunan agar tetap di jalur yang sesuai aturan yang benar.

“Kita berharap pemuda yang memimpin caretaker Kota Malang adalah sosok yang kreatif, memiliki semangat mengonsolidasikan para pemuda dan taat pada keputusan Kongres XVI KNPI, serta tegak lurus di bawah kepemimpinan Ketua Umum DPP KNPI bung Haris Pertama,” tandas Suroto, alumni GMNI yang juga mahasiswa pasca Sarjana UB Malang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KNPI Pusat di bawah Ketua Umum Haris Pertama, S.H, Tanggal 15-22 Mei 2022 lalu telah selesai menyelenggarakan Kongres ke 16 di Kota Sofifi dan Ternate Provinsi Maluku Utara.

Acara yang dihadiri ribuan tokoh pemuda se nusantara tersebut ikut hadiri oleh Ketua MK RI Prof. Dr. Anwar Usman, S.H dalam sesi semnas, dan mendapatkan apresiasi banyak Kepala Daerah se Indonesia. Antara lain adalah Gubernur Prov Malut Dr. KH. Abdul Ghani Kasuba, Lc, Gubernur Papua Lucas Enembe dan lainnya.

Ketua MPR RI yang juga alumni senior KNPI, Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam acara Penutupan Kongres KNPI yang mengusung spirit Energy of Harmony tersebut. Bamsoet berharap KNPI di bawah Ketum Haris memimpin kesolidan KNPI dan persatuan pemuda Indonesia.

Bahkan Ketum yang kembali terpilih, Haris Pertama dan para Ketua DPD KNPI 34 Provinsi diberi kesempatan melakukan rapat pertama di Gedung Nusantara Kompleks DPR/MPR RI. Rapat formatur kedua di Sabang, Aceh dan selanjutnya di IKN Kaltim.

Tanggal 23 Juli 2022 mendatang Pengurus DPP KNPI periode 2022-2025 akan melakukan Pelantikan yang dirangkai dengan pesta rakyat peringatan HUT 49 KNPI di kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Provinsi DIY. Salah satu rangkaian acara akan diisi pagelaran wayang kulit Dalang Ki Anom Suroto dengan lakon “Wisanggeni”. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *