Komisi 1 Minta Pemkot Mojokerto Manfaatkan E-book untuk Tingkatkan Budaya Literasi

 

Foto: Udji Pramono anggota Komisi I DPRD Kota Mojokerto

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Di tengah perkembangan teknologi digital, minat baca masyarakat dikabarkan menurun. Demi mengantisipasi itu, DPRD Kota Mojokerto meminta Pemkot memaksimalkan E-book untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat.

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Mojokerto Udji Pramono mengatakan, kebijakan pemerintah untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat belum tercapai secara maksimal. Padahal budaya literasi ini penting digencarkan untuk menciptakan masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, dan kreatif.

“Dalam LKPJ kemarin salah satu atensi kita terkait kebijakan peningkatan budaya literasi yang tidak tercapai secara nyata,” ucap Udji.

DPRD menilai salah satu penyebab turunnya minat baca ialah harga buku yang relatif tinggi dibandingkan dengan standar harga. Oleh karenanya legislatif menawarkan solusi agar Pemkot bisa memaksimalkan E-book yang biayanya lebih terjangkau.

“Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya pendekatan yang lebih kreatif dan inovatif dalam menanggapi tantangan ini, seperti memperluas akses terhadap e-book,” tuturnya.

Disamping itu, pemerintah juga perlu mengembangkan program peminjaman buku digital, atau menawarkan subsidi untuk pembelian buku kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Kerjasama dengan penerbit dan lembaga-lembaga swasta dalam bentuk sponsor atau donasi juga dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi hambatan biaya dalam pembelian buku,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *