LSM Penjara Indonesia Malang Peringati HUT RI ke-79, Ajak Warga Ngamarto Bersihkan Sungai Dan Tebar Bibit Ikan

 

indonewsdaily.com,Malang – Patut di apresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatanya Penjara Indonesia DPC Malang Raya.

LSM Penjara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 dengan cara menggandeng masyarakat disekitaran sungai untuk bersih – bersih sepanjang sungai, dan kegiatab lain dengan menebar bibit ikan lele kurang lebih 5000 ekor.

Acara di tutup dengan mancing bersama di sungai Kedung Dandang Ngamarto Selatan, Kelurahan Lawang. Minggu (18/8/2024).

Sementara penebaran bibit ikan dilakukan di sepanjang sungai atau Dam Gaya Baru dan tempat tersebut merupakan batas sungai Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan yang mengaliri sekitar area Kelurahan Kalirejo menuju Kelurahan Lawang, Kegiatan di mulai pada Sabtu 17/08/2024 hingga Minggu 18/08/2024.

Saat penebaran ikan, anggota dan tim LZM penjara didampingi beberapa anak – anak Sekolah Dasar dan masyarakat sekitar, hal tersebut sebagai bahan edukasi bersama dalam melestarikan ekosistem lingkungan hidup, serta hidup sehat disekitar sungai, yang sekiranya dapat dipahami sejak dini.

Saat dikonfirmasi awak media, Suroso selaku Ketua LSM Penjara Indonesia DPC Malang Raya, Minggu (18/08/2024) seusai menutup rangkaian kegiatan mengatakan bahwa dirinya merasa bersyukur atas rangakaian acara berjalan lancar dan suatu pengalaman yang sangat istimewa baginya.

“Saya dan kawan – kawan semua, diluar dugaan dengan support dari masyarakat, Korwil Pendidikan Kecamatan Lawang, DLH Kabupaten Malang, DLH Kabupaten Pasuruan, Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang dan pihak pihak yang mensuport materi maupun non materi sangat luar biasa sehingga acara berjalan sukses,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Suroso berharap untuk kedepannya dapat menyadarkan masyarakat dalam pentingnya menjaga kebersihan di area sungai dan dapat menjaga serta melestarikan area sungai, sehingga dengan demikian maka dapat menikmati sisi positifnya dari sungai tersebut, seperti memancing di sungai, ketika kita semua saat berada di sekitar sungai merasa nyaman.

“Untuk itu kita harus tanamkan rasa kepedulian ini sejak dini dan PR kita semua bukan hanya kedinasan atau pemerintah akan tetapi juga semua warga masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Yudi selaku penanggung jawab UPT Lawang PU Pengairan Kabupaten Malang menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Luar biasa apa yang dilakukan oleh saudara – saudara kita dari LSM Penjara Indonesia ini, dengan menggandeng masyarakat tepatnya di HUT RI ke-79 ini dapat mengedukasi serta menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem sungai dan menjaga kebersihan sungai, apalagi beberapa hari ini juga bersih bersih di sepanjang sungai ini, untuk itu tetap semangat dan salam hidup sehat,” ucapnya.

Di tempat yang sama Budi selaku Pengawas Dam atau Sungai area Malang – Pasuruan PU Pengairan Provinsi Jawa Timur juga mengatakan jika kegiatan seperti ini, harus di contoh meski terbilang sederhana namun sangat bermanfaat bagi semua orang.

“Kegiatan ini juga merupakan edukasi yang sangat tepat bagi kita semuanya akan pentingnya sungai bagi kehidupan dan kebutuhan semua mahkluk hidup,” katanya

Selanjutnya salah satu masyarakat Tri Angga Utama menyampaikan apresiasinya Tri Angga Utama (35th) warga Ngamarto Selatan RT06 RW07 Lawang.

“Alhamdulillah kegiatan yang di gagas teman teman LSM bersama kita semua berjalan sukses dan lancar, terimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dan mensupport dalam kegiatan ini, semoga kedepannya tetap ada dan pada intinya ini merupakan pembelajaran kita semua dengan pentingnya kebersihan sungai,” pungkasnya.

Rawe – Rawe Rantas, Malang – Malang Tuntas, Indonesia Hebat, Indonesia Maju dan Bersatu. (win)

Exit mobile version