Menikmati Senja di Pantai Karang Kiring Gresik yang Eksotis

 

Foto: Pengunjung menikmati pantai karang kiring dengan duduk-duduk di jembatan kayu

Indonewsdaily.com, Mojokerto — Nama Pantai Karang Kiring yang berada di Gresik, Jawa Timur belum banyak dikenal orang. Masyarakat jika ingin berwisata pantai lebih mengenal pantai Dalegan, namun ternyata ada spot pantai dekat pusat Gresik yang eksotis terutama sore hari yakni Pantai Karang Kiring atau Karang Kering.

Lokasinya tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Kapten Darmo Sugondo, Desa Karang Kering, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk menuju pantai ini dari Surabaya.

Di pantai ini memiliki hutan mangrove yang sangat menakjubkan di pesisir pantai utara. Hutan Mangrove Karang Kiring namanya, dimana memiliki suasana sore yang begitu elok dan menakjubkan.

Wisata Mangrove Karang Kiring merupakan wisata yang menggabungkan pariwisata dan rekreasi alam. Di area wisata Mangrove Karang Kiring ini tumbuh berbagai tanaman bakau yang menjadi daya tariknya.

Lokasi wisata Mangrove Karang Kiring ini dikelola dengan baik oleh pemerintah Desa melalui BMDesa. Termasuk dalam ekowisata Mangrove yang menyajikan daya tarik dari keasrian alamnya.

Foto: pantai karang kiring cocok dijadikan rute gowes

Pada awalnya, kawasan konservasi alam ini dibuat untuk mencegah abrasi di wilayah Selatan Desa Karangkiring yang tidak hanya memiliki berbagai jenis tanaman bakau.

Disebut juga hutan wisata Mangrove Karang Kiring juga memiliki fasilitas jembatan kayu untuk pengunjung berjalan-jalan dan Gazebo untuk bersantai.

Pengunjung juga dapat memancing ikan, yang ada di bawah jembatan kayu. Tak perlu khawatir, ada penyewaan alat pancing seharga Rp 5 ribu sepuasnya.

Fasilitas umum juga disediakan bagi pengunjung di kawasan Wisata Mangrove Karang Kiringi ini, yakni terdapat toilet umum untuk pengunjung.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat menitipkan di lokasi parkir yang disediakan. Terdapat kios makanan yang menyajikan olahan makanan khas daerah Karang Kiring dengan berbagai pilihan menu yang ditawarkan.

Harganya yang ditawarkan di kios makanan juga sangat terjangkau, sekitar Rp 2.000 sampai Rp 10.000.

Selain itu di wisata Mangrove Karang Kiring ini pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing langsung di lautan, tentunya jika air laut tengah pasang.

Daya tarik selanjutnya wisata Mangrove Karang Kiring ini saat air pasang yang akan tampak pemandang jauh lebih apik, sebab saat menyaksikan air laut langsung di bawah jembatan apung. Biasanya air pasang pada saat sore hari, sembari air pasang dapat menikmati pemandangan sekitar dengan menunggu matahari terbenam di ufuk barat.

Exit mobile version