Mobil Pribadi Halangi Ambulans di Mojokerto, Ini Fakta Sebenarnya yang Terjadi

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Video viral di media sosial sebuah ambulans dihalangi oleh mobil pribadi di Jalan Majapahit Kota Mojokerto menjadi perbincangan netizen.

Dalam video berdurasi 47 detik itu nampak ambulans melaju dengan menggunakan rotator dan sirine sedikit dihalangi oleh mobil pribadi. Namun, fakta lain terungkap setelah polisi menggali keterangan dari sopir ambulans. Kepada petugas, pengemudi ambulans ternyata merasa tidak terhalangi mobil yang melaju di depannya.

Bersama Humas RS Gatoel, sopir ambulans datang ke kantor Satlantas Polres Mojokerto Kota di Jalan Bhayangkara. Mereka memberikan keterangan kepada polisi terkait insiden dalam video yang viral di medsos.

“Kami sudah menanyakan ke sopir ambulans, dia merasa tidak dihalang-halangi kendaraan di depannya,” kata Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota AKP Fitria Wijayanti, Kamis (20/5/2021).

Peristiwa dalam video yang viral terjadi pada Senin (17/5) sekitar pukul 09.45 WIB. Saat itu, ambulans mengangkut seorang pasien pria yang menderita demam berdarah dari Jalan Majapahit sisi utara menuju ke RS Gatoel di Jalan Raden Wijaya.

Berdasarkan keterangan sopir ambulans, lanjut Fitria, ambulans RS Gatoel itu berada di belakang mobil Honda Mobilio nopol W 1002 RL selama melaju sekitar 50 meter saja di Jalan Majapahit sisi selatan. Jalan yang dilalui ambulans merupakan jalur satu arah dari utara ke selatan.

Menurut Fitria, pengemudi ambulans menahan diri tidak menyalip Mobilio warna hitam itu dari lajur kiri untuk mencegah kecelakaan. Karena terdapat kendaraan parkir di tepi kiri jalan dan mobil yang merekam video melaju di lajur kiri.

“Mobilio sudah minggir sedikit ke kanan untuk memberi jalan ke ambulans. Namun, sopir ambulans ragu-ragu mau mendahului dari kiri karena ada mobil di depannya yang diperkirakan merekam video ini. Dia merasa nanggung mau motong, sehingga dia menahan dulu,” terangnya.

Oleh sebab itu, kata Fitria, RS Gatoel maupun sopir ambulans tidak mempermasalahkan insiden dalam video yang viral. “Keterangan rumah sakit tidak ada yang merasa terhalangi, tidak ada yang merasa terganggu, tidak ada yang harus dipermasalahkan. Pasien yang dibawa dalam keadaan baik dan sudah mendapatkan perawatan yang baik,” jelasnya.

Seperti diberitakan, sebuah video berdurasi 41 detik itu diunggah akun Facebook Dashcam Indonesia satu hari yang lalu. Postingan tersebut menjadi viral setelah diteruskan akun Bolex Sukamto ke salah satu grup Facebook Mojokerto 21 jam yang lalu.

Hingga pukul 16.00 WIB, video tersebut ditonton 47.881 kali, disukai 230 netizen dan menuai 77 komentar. Sedangkan dalam postingan Dashcam Indonesia, video yang sama dibagikan 41 kali, menuai 99 komentar dan disukai 184 warganet.

Nampak ambulans milik RS Gatoel, Kota Mojokerto melaju kencang sambil menyalakan sirine dan lampu rotator di Jalan Majapahit sisi selatan. Namun, laju ambulans terhalangi mobil Honda Mobilio nopol W 1002 RL dan sepeda motor di depannya. Mobilio melaju di lajur kanan, sedangkan motor di lajur kiri.

Suara sirine dan klakson ambulans tidak membuat pengemudi mobil penumpang warna hitam itu memberi jalan. Mobil Mobilio itu tetap melaju di lajur kanan. Sedangkan sepeda motor di sudah menepi di lajur kiri sehingga bisa disalip ambulans.(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *