PAC PDI Perjuangan Kecamatan Batu menggelar kegiatan Haul Bung Karno yang diisi doa lintas agama

Jawa Timur185 Views

Indonewsdaily.com – Dalam rangka mengenang dan menghormati jasa Bung Karno sebagai bapak bangsa, Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Batu menggelar kegiatan Haul Bung Karno yang diisi doa lintas agama. Kegiatan ini berlangsung di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Minggu (20/6/2021) petang.

Ketua PAC Pituah Mulyo menjelaskan, kegiatan ini dapat diselenggarakan atas inisiatif kawan-kawan pengurus PAC. Dalam pelaksanaannya, juga bekerja sama dan melakukan gotong-royong antara jajaran pengurus PAC dan ranting PDI Perjuangan di Kecamatan Batu, sehingga kegiatan ini dapat terealisasi.

“Semoga dengan adanya kegiatan Haul Bung Karno ini, kita dapat menjalin rasa persatuan dan kesatuan kita yang sangat erat. Untuk kedepannya bisa dilanjutkan di kemudian hari,” kata Pituah Mulyo, dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

Mulyo juga menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan ini turut mengundang Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, jajaran pengurus DPC, anggota Fraksi DPRD Kota Batu, dan jajaran PAC se-Kota Batu. Melalui momentum peringatan Haul Bung Karno ini dia berharap, mampu menguatkan kebersamaan dan soliditas antar struktural PDI Perjuangan yang ada di Kota Batu.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk kemaslahatan kita bersama. Sehingga rasa persaudaraan kita bisa terjalin dengan erat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Djayus Dwi Atmodjo mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Haul Bung Karno yang berasal dari inisiatif kawan-kawan PAC Kecamatan Batu. Dia menekankan bahwa Bung Karno sebagai bapak bangsa sudah seharusnya mendapatkan penghormatan atas jasa-jasa beliau terhadap perjalan hidup Bangsa Indonesia.

“Semua ini tidak lepas dari kesetiaan PDI Perjuangan dalam rangka menghormati dan menghargai jasa-jasa Bung Karno sebagai bapak bangsa, proklamator, dan Presiden pertama di Republik Indonesia,” tutur Djayus.

Sebagai penerus ajaran-ajaran dan spirit perjuangan Bung Karno, dia mengajak kepada seluruh kader-kader PDI Perjuangan untuk terus hadir bersama-sama dengan masyarakat. Bekerja dan setia mengabdi kepada rakyat, sebagaimana perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ini adalah tugas kita bersama sebagai kader, untuk sambung rasa dengan rakyat tanpa pilih kasih, tanpa memandang suku, agama, dan ras. PDI Perjuangan merangkul semua golongan dan menyatu bersama rakyat,” tegasnya.

Dalam kegiatan Haul Bung Karno ini, selain mengenang dan memberikan penghormatan kepada sosok sang proklamator, juga sekaligus memberikan doa dari tokoh-tokoh lintas agama di Kota Batu. Seluruh perwakilan agama menghaturkan doa untuk mendiang Bung Karno yang telah memberikan waktu, pikiran, serta jiwa dan raganya untuk Bangsa Indonesia.

Kyai H. Nurbani bahkan mengungkapkan, Bung Karno adalah sosok panutan bagi Bangsa Indonesia. Seorang tokoh yang pengabdian dan karyanya tidak perlu diragukan dan dipertanyakan kembali.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi penyelenggaraan Haul Bung Karno yang merupakan sebuah upaya merawat dan menjaga spirit perjuangan sosok proklamator tersebut agar bisa terus abadi ditengah kencangnya arus globalisasi yang membawa masuk ideologi-ideologi transnasional kedalam negeri.

“Sukarno adalah milik bangsa Indonesia itu yang harus kita camkan bersama. Ketika Soekarno membangun bangsa Indonesia, beliau telah membuat negeri untuk semua golongan suku, agama, ras, dan budaya,” imbuh Kyai H. Nurbani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *