Pemilihan Putri Garudeya dan Gowes Segara di Pantai Balekambang Berikan Ruang Kawula Muda

Bupati Malang Sanusi (baju merah), bersama Direktur PD Jasa Yasa Joni Sujatmoko (baju batik) di panti balekambang dalam acara Pemilihan Putri Garudeya, dan gowes

Indonewsdaily.com, Malang – Grand Final Pemilihan Putri Garudeya Kabupaten Malang ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-1263 Kabupaten Malang. Selain itu juga diselenggarakan Gowes Segara yang memulai start dari perempatan Jalur Lintas Selatan Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo dan Finis di Pantai Balekambang.

Bupati Malang Drs. H.M Sanusi M.M membuka Grand Final Pemilihan Putri Garudeya Kabupaten Malang berlokasi di Pantai Balekambang Kecamatan Bantur, Minggu (12/11/2023)

Bupati Malang menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang menyambut baik sekaligus menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang berkomitmen tinggi dalam kegiatan yang bertujuan untuk memberikan ruang pada para generasi muda berprestasi dalam menampilkan bakat dan kemampuan di bidang pariwisata dan budaya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap pembentukan mentalitas generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing,” ucanya

Bupati Malang menjelaskan bahwa perjalanan sejarah, Garudeya yang merupakan cikal bakal dari lambang negara kita yakni burung garuda, memiliki keterkaitan erat bagi Kabupaten Malang. Hal ini mengingat simbol garudeya yang berasal dari salah satu relief Candi Kidal yang ada di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang.

Lebih lanjut Bupati Malang juga menekankan bahwa pemilihan Putri Garudeya bukan hanya mewakili kecantikan saja dari setiap finalis yang berpartisipasi. Namun juga sebagai representasi seorang duta yang mampu membawa nama baik Kabupaten Malang di berbagai kesempatan.

“Figur Putri Garudeya diharapkan dapat menjunjung tinggi nilai-nilai keberanian, kebebasan dan semangat dalam meraih prestasi. Dengan demikian, selain menjadi bagian dari sejarah, Putri Garudeya juga harus dapat menjadi bagian dari sejarah dan semangat dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya

Di kesempatan yang sama, Direktur PD Jasa Yasa Joni Sujatmoko mengatakan perlunya pengembangan wisata agar menjadi wisata jujugan ada 3 hal, yaitu akses, atraksi dan komunitas.

“Untuk akses sudah kita perbaiki, kemudian akses melalui sosmed lebih di promosikan agar lebih terbuka oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Nah atraksi adalah keindahan dari pantai itu sendiri dan acara-acara” terangnya.

Selain ituJoni menambahkan bahwa acara tersebut adalah bagian dari atraksi, jadi ada event-event harus dilakukan rutin supaya orang selalu ingat dengan tempat wisata.

“Harus ada event yang lebih menarik lagi dan itu dilaksanakan secara continue untuk menarik wisatawan,” tambahnya

Hadir pada acara ini Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi S, Sos beserta istri, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Arif Nurbianto beserta istri, Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Direktur Jasa Yasa Kabupaten Malang, Direktur Bank Jatim Kepanjen, Pimpinan Indomaret Malang Raya, serta seluruh peserta Gowes Segara.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *